PROSEDUR DI BANDARA


Nama :  Mega Citra Purwanti

NIM    :  2241.08.097

GH 2

SI MTU B

Pada saat pertama kali saya  ingin melakukan reservasi tiket untuk pesawat, bisa di bilang saya juga orang awam untuk melakukan penerbangan. mungkin  diantara kita pun banyak yang masih bingung untuk melakukan reservasi tiket, karena saya pun sempat tidak mengerti bagaimana mereservasi tiket.

disni saya hanya ingin sedikit berbagi tentang langkah-langkah reservasi tiket.

Jika kita akan melakukan penerbangan untuk pertama kalinya disaat kita begitu awam dengan apa yang dinamakan bandara, apa yang disebut check-in counter dan lain sebagainya. tidak seharusnya kita bingung tetapi pastikan saja kita sudah lengkap dengan segala administrasinya yang pasti kita harus membawa tiket pesawat. untuk kita yang ingin berpergian keluar negeri, segala macam visa dan passport harus sudah ada sebelum kita masuk ke bandara, berikut tahapan prosedur di bandara :

  1. X-ray scanning

Pada saat pertama kali kita memasuki bandara barang-barang kita akan diperiksa oleh security yang dibantu oleh sebuah alat besar yang disebut x-ray cabbinet. alat tersebut berfungsi untuk mendeteksi apa saja barang yang kita bawa selama penerbangan nanti, karena apa saja yang kita bawa akan terlihat.

Setelah itu kita pun akan masuk melewati steel detector yang bentuknya seperti kusen pintu, jika kita membawa barang yang mengandung besi maka alat itu akan berbunyi. setelah itu kita akan diperiksa petugas yang berada ditempat itu untuk mengeledah badan kita. jangan khawatir karena itu hanya bagian dari prosedur keselamatan di dalam bandara sebelum berangkat.

  1. Check-in counter

setelah melewati prosedur pemeriksaan kita menuju ke apa yang disebut check-in counter. bagian ini akan mencatat kembali nama kita dalam penerbangan yang kita ikuti. check-in counter yaitu semacam daftar ulang untuk mengecek berapa orang yang akan jadi tebang disalah satu maskapai terbang tersebut.

Pada bagian ini kita akan diberikan (seat number) dan (boarding pass). jika kita membawa barang yang lumayan berat atau besar, dapat dititipkan saja barang ke cargo pesawat. dimana & bagaimana cara untuk menitipkannya?, di check-in counter itu lah kita dapat menitipkan barang-barang bawaan kita, cargo pun akan dibedakan menurut usia dan jenis kelamin dan akan diberi nomer cargo yang akan kita gunakan untuk mengambil kembali barang yang kita titipkan di cargo di tempat tujuan kita nanti. setelah selesai dari check-in counter kita berjalan menuju boarding lounge.

  1. boarding lounge

Boarding lounge adalah sebuah tempat yang bisa kita gunakan untuk menunggu jadwal penerbangan. sebelum masuk ke boarding lounge di wajibkan harus membayar pajak bandara terlebih dahulu. di dalam boarding lounge biasanya terdapat tempat-tempat makan dan menyediakan buku-buku bacaan yang bisa kita pergunakan untuk mengisi waktu luang selama kita menunggu jadwal keberangkatan.

Jadi waktu kita untuk menunggu keberangkatan pun tidak akan terasa lama dan membosankan. setelah cukup lama kita menunggu keberangkatan, tibalah waktunya kita untuk berangkat setelah operator bandara memberitahukan kita untuk masuk ke dalam  pesawat yang akan kita tumpangi.

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang prosedur-prosedur yang ada di bandara.

About these ads

2 thoughts on “PROSEDUR DI BANDARA

  1. saya quote tulisan anda :

    “jika kita membawa barang yang lumayan berat atau besar, dapat dititipkan saja barang ke cargo pesawat. dimana & bagaimana cara untuk menitipkannya?, di check-in counter itu lah kita dapat menitipkan barang-barang bawaan kita, cargo pun akan dibedakan menurut usia dan jenis kelamin dan akan diberi nomer cargo yang akan kita gunakan untuk mengambil kembali barang yang kita titipkan di cargo di tempat tujuan kita nanti. setelah selesai dari check-in counter kita berjalan menuju boarding lounge.”

    dapat teori dari mana? sejak kapan ada penumpang menitipkan cargo di terminal?
    Cargo dibedakan menurut usia dan jenis kelamin? coba beri saya contoh usia cargo dan jenis kelaminnya?

    lain kali sebelum menulis baca dulu buku-buku referensi dan itu yang menjadi dasar anda menulis dan menilai suatu masalah jangan seperti ini ngawur dan berantakan isinya

  2. sabar neng..pak eko emang gtu, tapi setiap comment beliau membuat pendewasaam untuk mahasiswa agar lebih bagus lagi dalam membuat karya tulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s