Faktor-Faktor Keterlambatan dalam Penerbangan


Nama : Muhammad Tri Aji Sudrajat

NIM     : 243110001

Kelas  : D3 Ground Handling

 

Keberhasilan kinerja sebuah perusahaan penerbangan di antaranya adalah kualitas keselamatan,dan keamanan penerbangan,kualitas ketepatan waktu penerbangan,dan kualitas pelayanan secara umum,jika berbicara mengenai kecepatan waktu perusahaan penerbangan,bisa dibilang masih sangat kurang kualitasnya.

Padahal tepat waktu atau ketepatan waktu penerbangan merupakan satu produk utama dari perusahaan penerbangan yang bisa menjadi nilai jual yang sangat penting bagi perusahaan tersebut,karena consumen pasti akan mencari yang paling cepat dan tepat dalam memilih perusahaan penerbangan yang akan mereka naiki,’’time is money’’ or ‘’time is priority’’ itulah statement yang menjadi unggulan pada saat memilih airlines untuk keperluan bisnis ataupun yang lainnya.

Sementara alasan yang paling sering di sampaikan oleh petugas airlines ketika pesawatnya mengalami keterlambatan adalah alasan teknik,cuaca,kommersial,dan gangguan oprasional.kita sebagai konsumen tentunya memaklumi untuk penundaan penerbangan yang di sebabkan oleh factor cuaca,tetapi masih banyak yang bertanya jika factor penyebab keterlambatannya di sebabkan oleh factor teknis dan operasional,karena kita sebagai consumen kebanyakan tidak mengetahui teknik- teknik dari pesawat ataupun procedure oprasional pesawat tersebut,oleh karna itu Kita juga harus mengetahui penyebab – penyebab keterlambatan yang di akibatkan oleh ke dua atau lebih factor tersebut.

Sebelum kita mencari factor keterlambatan yang lebih kompleks seperti yang saya katakan di atas,sebelumnya kita harus mengetahui penyebab keterlambatan yang lebih luas yaitu  biasa di sebut dengan FISH BONE

Ini adalah contoh dari fishbone tersebut.Kita bisa lihat ada sebagian bagian dari ‘’tulang ikan’’ tersebut yang mempunyai sector masing masing,jadi maksud dari fishbone ini adalah terjadinya keterlambatan,disebabkan oleh masalah di bagian (sector) yang tidak selesai pada saat yang telah di tentukan oleh karena itu keterlambatan bisa terjadi.

Contoh :

  • ada salah satu sector dari gambar tersebut yang bertuliskan ‘’people’’ maksud dari tulisan tersebut adalah,jika penumpang.agent,atau ijin dari pemerintahan tidak ada atau terlambat mengurusnya maka akan terjadi masalah yang menyebabkan ketrlambatan pesawat
  • ‘’process’’ adalah procedure pada saat checking on board atau pun costumer clearrence,jika proses tersebut terhambat atau pun tidak tepat waktu maka itu juga akan menybabkan keterlambatan pesawat.
  • ‘’equipment’’ adalah peralatan yang menunjang untuk mempersiapkan keperluan penerbangan pada pesawat misalnya bus,tractor,trolly,ladger,jika salah satu peralatan tersebut mengalami kendala atau rusak maka persiapan pesawat pun akan mengalami hambatan dan tidak bisa terbang,otomatis penerbangan pun akan mengalami delay untuk menunggu semua persiapan pesawat sampai selesai
  • ‘’Matterial’’ adalah food and drink,lavatory,galley,itu adalah persiapan yang di khususkan untuk pelayanan pada saat in flight yang sangat diperlukan bagi kenyamanan penerbangan penumpang dan yang lainnya,semua di persiapkan di darat dan memerlukan waktu yang cukup lama dan teliti.

Itu adalah sebagian contoh dari penyebab delay yang sangat menganggu dan sangat di hindari oleh perusahaan penerbangan jika perusahaan tidak ingin di cap sebagai perusahaan yang kurang professional,tetapi apakah kita tau kapan akan terjadi gangguan dan kapan delay tersebut akan terjadi?persiapan yang cukup dan antisipasi lah yang harus di tunjang agar semua factor – factor yang menyebabkan keterlambatan tersebut bisa di cegah dan tidak terjadi.

Semoga informasi ini dapat menjadi informasi yang berguna bagi para pembaca sekalian,terima kasih

About these ads

3 thoughts on “Faktor-Faktor Keterlambatan dalam Penerbangan

  1. JUDUL nya sangat menarik dibahas ….. apalagi metode dalam menganalisa masalah dengan menggunakan fishbone analysis …. tapi isi tulisan nya masih ga jelas …. permasalahan delay mencakup banyak hal ( complicated ) …. lebih baik diambil per department/area ( masalah ) contoh : Delay yg diakibatkan oleh unit boarding gate/check in counter/teknik/cargo dll …. cari root causenya dengan fish bone ….dan seterusnya hingga dpt analisa penyebab delay serta solusinya ……. terus semaNGAT belajar ….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s