ALAT PENANGKAL PETIR DI PESAWAT


Nama: wulan akmayati

Nim  : 224108133

Di saat kita naik pesawat, dan kebetulan cuaca yang yang harus dilalui pesawat dalam keadaan hujan dan petir. Tentu kita dengan santai dan tenangnya duduk di dalam pesawat bukan?!

Apakah ada yang menyadari, bahwa semua itu bisa terjadi karena kecanggihan dari teknologi yang dipakai di pesawat terbang itu sendiri, salah satunya adalah teknologi penangkal petir. Seperti apa ya bentuk alat penangkal petir di pesawat itu? saya punya contoh gambarnya di bawah ini :

Bentuk seperti jarum-jarum yang terdapat di ekor pesawat tersebut sebagai alat penangkal petirnya. Namun, alat tersebut tidak hanya terpasang di ekor pesawat. Alat itu juga terdapat di ujung-ujung sayap. Dan biasanya berjumlah sekitar 12 atau 16 buah.

Cara kerja alat tersebut adalah ketika petir tersebut menyambar pesawat, maka aliran listrik yang terdapat di dalamnya mengalir di sepanjang alumunium menuju ke permukaan yang lebih lancip. Yang terdapat di ujung sayap maupun ekor pesawat. Selain itu di pesawat juga terpasang static discharge system. Sistem yang berfungsi membuang aliran listrik ke udara, sehingga kemungkinan untuk terjadi loncatan listrik/petir yang berasal dari gumpalan awan ke badan pesawat menjadi kecil.

Nah.. setelah kita tahu bahwa tingkat keamanan dalam pesawat itu tinggi, tentu saja kita semakin merasa aman untuk menikmati penerbangan kita.

About these ads

One thought on “ALAT PENANGKAL PETIR DI PESAWAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s