PROSEDUR KEBERANGKATAN PENUMPANG


Nama : sebagian Achmad Hidayat

NIM     :2241.08.248

Tugas : ke-3

Kls      : S1 MTU B

Disini kita akan memberitahukan sebagian kecil dari prosedur keberangkatan penumpang yang hendak berpergian atau melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi udara. Hal pertama yang akan dilakukan dan dihadapi oleh calon penumpang yaitu security check point, disini penumpang harus menyiapkan dokumen yang sesuai dengan tangggal keberangkatan dan kartu identitas. Serta penumpang wajib wajib melalaui walk through metal detector (WTMD), dan barang-barang bawaannya wajib pula diperiksa melalui x-ray. Untuk mempelancar pemeriuksaan, seluruh benda logam dsb, agar dilaporkan dan diperiksa melalui x-ray.

Selanjutnya, selesai dari security check point. Para calon penumpang akan melanjutkan ke check in conter, disini para penumpang harus menyiapkan dokumen yang sesuai dengan tanggal tujuan dan kartu identitasnya. Di check in conter ini, penumpang diharuskan antri sesuai dengan nomer penerbangan. Dan untuk keselamatan penerbanagan setiap penumpang diharuskan melaporkan bagasi anda yang beratnya lebih dari 5 kg, dan setiap penumpang hanya diperkenankan membawa satu bagasi yang kurang dari 5 kg ke dalam kabin pesawat.

Dan untuk fiscal, prosedur ini hanya terdapat pada proses keberangkatan penumpang internasional. Selain fiscal, penumpang juga harus melalui pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U). Di prosedur ini setiap calon penumpang dikenakan tariff sebesar Rp 30.000 untuk penumpang domestic, dan tariff sebesar Rp 150.000 untuk penumpaang internasional. Tarif PJP2U ini tidak termasuk dalam harga pembelian ticket. Dan ada beberapa calon penumpang yang dibebaskan dari PJP2U seperti ; penumpang transit, bayi, air crew, tamu Negara.

Selanjutnya pemeriksaan imigrasi, tetapi prosedur ini hanya di berlakukan pada proses kedatangan penumpang internasiona. Dan prosedur terakhir yang harus dilakukan oleh calon penumpang adalah security chek point 2. Disini calon penumpang harus menyiapkan tiket dan boarding pass, serta PJP2U. Prosedur ini ssama dengan prosedur SCP 1. Sedangkan untuk penerbangan internasional tidak diperkenankan membawa barang bawaan yang termasuk kategori LAGs (Liquid,Aerosol dan Gels) lebih dari 1000 ml.

About these ads

Satu gagasan untuk “PROSEDUR KEBERANGKATAN PENUMPANG

  1. lumayan, selanjutnya harap lebih teliti dalam menulis masih ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang anda salah tulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s