ELECHTRONIC PASSPORT ( E-PASSPORT )


NAMA  : HARRY IRAWAN

NIM       : 243110022

KELAS    : D.III GROUND HANDLING

Apabila sering berpergian ke luar negeri dan masa berlaku paspor telah berakhir. Direktorat Jendral Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( HAM ) resmi meluncurkan paspor elektronik atau yang dikenal dengan nama E-passport.

Peluncuran E-passport dilakukan sekaligus untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan keimigrasian agar kasus paspor palsu tidak terus terulang lagi. E-passport sebenarnya tidak ada bedanya dengan paspor biasa yang selama ini umum dimiliki oleh masyarakat. yang membedakan E-passport dengan paspor biasa adalah tekhnologi dan biaya pembuatannya. Sementara proses pembuatannya sama saja, yakni memakan waktu empat hari setelah foto.

Dalam E-passport ada chip yang membuat paspor tidak bisa disadap apalagi dipalsukan. Keberadaan chip didalam E-passport itulah yang membuat tingkat pengawasannya lebih tinggi. chipsnya itu berwarna transparan dan kasat mata. sulit untuk dilihat dengan mata telanjang.

Untuk biaya pembuatan E-passport sendiri terhitung cukup mahal. Biaya pembuatan E-passport 48 halaman sebesar  Rp 655.000, sedangkan E-passport 24 halaman sebesar Rp 405.000. Bandingkan dengan biaya pembuatan paspor biasa yang 48 halaman sebesar Rp 255.000, sedangkan yang 24 halaman sebesar Rp 105.000. Permohonan pembuatan E-passport baru bisa dilakukan di tiga kantor imigrasi, yakni :

* Kantor Imigrasi jakarta pusat.

* Kantor Imigrasi kelas 1 khusus jakarta Barat.

* Kantor Imigrasi kelas 1 khusus soekarno – hatta.

E-passport baru diwajibkan kepada seluruh masyarakat pada tahun 2015. Selain paspor elektronik, patrilis juga meluncurkan ruang kendali untuk mengawasi kinerja seluruh sistem, perangkat server dan jaringan komunikasi keimigrasian. Hal ini merupakan program berkelanjutan Direktoret Jendral Imigrasi.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s