PENGALAMAN ‘TURBULENSI’


NAMA           : Rudolf Mulya
JURUSAN     :  S1 MTU B
NIM                : 224108263

Ketika saya duduk di kelas 5 SD, saya dan ibu saya akan melakukan penerbangan menggunaka maskapai bouraq dari bandara soekarno hatta jakarta ke bandarat sepinggan balikpapan, sekitar jam 14.30 wib pesawat take off meninggalkan bandara soekarno hatta, saya dan ibu saya duduk di samping “emergency door” dengan posisi disebelah kiri bagian pesawat, penerbangan ke bandara sepinggan membutuhkan waktu 2 jam  sampai 2 jam lewat 15 menit.
Pesawat yang saya tumpangi itu, sepertinya pesawat lama, karena banyak cat di bagian badan pesawat yang terkelupas. Pada saat penerbangan hari itu, cuaca cukup cerah, dan terik mataharinya. Pada saat satu jam setelah penerbangan, tiba-tiba pesawat bergetar kencang dari bagian bawah, atau yang biasa disebut ‘turbulance’, langsung tanda safety belt menyala, dan pramugari memberitahukan kepada seluruh penumpang untuk tetap tenang dan jangan pindah dari tempat duduk.
Goncangan tersebut hanya terjadi sekitar beberapa detik saja, tetapi terjadi lebih dalam 5 kali degan jeda hanya beberapa detik dari goncangan pertama ke goncangan berikutnya, dan goncangan ini sangat kuat sehingga pintu atau loker bagasi yang berada di atas kursi penumpang terbuka, dan barang –barang pun berjatuhan, masker pernapasan bantuan pun turun dari tempat pengaturan ac, padahal pada saat itu cuaca cerah, tidak mendung angin kencang ataupun hujan.
Semua penumpang pun ketakutan termasuk saya dan ibu saya, kamipun sudah berpikir macam-macam. Saya berpikir bahwa pesawat yang saya tumpangi menabrak tebing atau gunung karena terbang cukup rendah untuk pesawat besar seperti itu. Setelah kejadian tersebut terjadi, kamipun bertanya-tanya apa yang terjadi tadi. Tetapi para pramugari tidak memberitahukan kepada penumpang.
Pesawat pun melakukan landing dengan baik di bandara sepinggan balikpapan. Kami pun turun dari pesawat. Sampai saya turun dari pesawat tidak ada satupun konfirmasi yang jelas penyebab terjadinya ‘turbulance’ sejam yang lalu, tetapi kami tidak terlalu memikirkan penyebabnya, yang penting kami dan seluruh penumpang dan awak kapal sampai dengan selamat.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s