MACAM-MACAM ALAT BANTU GROUND HANDLING DAN FUNGSI KEGUNAAN NYA


Nama                    : Tajimula Wiraguna

NIM                       : 234110003

S1 MTU

Pengguna jasa perusahaan ground handling adalah perusahaan maskapai penerbangan. Mereka mempercayakan pengelolaan pesawat, penumpang, dan barang kargo kepada perusahaan ground handling. Itulah mengapa mereka dituntut daqlam kecepatan, akurasi dan efisiensi sehingga pesawat bias tepat waktu untuk lepas landas. Hal ini bisa berdampak positif bagi pelanggan jasa penerbangan.

Dalam praktiknya, ada dua kategori peralatan ground support equipment : non-powered equipment dan powered equipment. Yang termasuk non-powered equipment adalah chocks, baggage carts, dan dollies for containers dan pallets.

Chocks adalah alat yang berfungsi mencegah pesawat bergerak ketika parker di apron atau di hangar . Alat ini diletakan di depan atau di belakang roda landing gear pesawat. Pada umumnya, chocks twebuat dari kayu atau karet yang keras.

Untuk menurunkan dan menaikan barang-barang bagas, perusahaan ground handling memanfaatkan kereta angkut atau baggage carts. Denmgan alat ini, proses pemindahan cargo, excess baggage, mail dan material lain dari terminal ke pesawat atau sorting facility bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Baggage carts dilengkapi system pengereman dengan mengeblok roda agar tidak bergerak ketika akan disambungkan dengan balok untuk ditarik. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi plastic yang dilapisi terpal sehingga barang dapat terlindungi dari kondisi cuaca.

Yang berikutnya adalah troli untuk container dan pallet (dollies for containers and pallets). Dari namanya sangat jelas bahwa alat ini difungsikan untuk mengangkat muatan berbentuk container dan pallet. Untuk memudahkan mobilitas, troli telah terpasang secara menyatu dengan rel. Alat ini memiliki pola memutar untuk membuat container dapat berbalik arah secara langsung saat proses loading ke dalam pesawat. Semua bagiann pada troli baik roda, pole, system pengereman, maupun bagian sambungan haruslah sesuai dengan prosedur.

Kategori yang kedua adalah powered equipment. Ini terdiri atas aircraft refuellers, tugs and tractors, ground power unit, airport buses, transporters, container loader, portable water truck, air starter, lavatory service vehicles, passenger boarding stairs, pushback tugs and tractors, serta de/anti icing.

Aircraft refuellers atau fuel truck/hydrant truck mampu mengangkut bahan bakar sekitar 10.000 galon AS. Fuel truck memiliki alat pemompa, penyaring, selang karet dan peralatan lain. Sistem karet dan peralatan lain. Sistem hydrant lebih menguntungkan karena fuel truck harus mengisi kembali secara berkala.

Tugs dan tractors digunakan untuk menarik atau menggerakan alat-alat ground support yang mengalami kerusakan, termasuk bags carts, mobile air conditioning units, air starters, lavatory carts, dan peralatan lain.

Berikutnya ground power unti yang meru[pakan kendaraan penyuplai tenaga listrik ke pesawat yang sedang berada di area parker. Semua pesawat memiliki syarat 28V arus searah dan 200V 400HZ arus bolak balik. Energi listrik ini dibawa dari sebuah generator yang disambungkan ke pesawat lewat kabel yang sangat tebal. Kabel penghubung ini adalah standar untuk semua pesawat.

Perusahaan ground handling juga menyediakan bus yang digunakan mengangkut penumpang, baik itu untuk memindahkan penumpang dari pesawat ke terminal ataupun dari satu terminal ke terminal lain.

Terkait dengan kargo, ada yang disebut loader container dan transporter. Loader memiliki dua peron yang secara bebas mengangkat dan menurunkan barang. Sedangkan transporters adalah peron kargo yang mempunyai konstruksi untuk membantu proses loading dan unloading.

Selanjutnya yang disebut air starter adalah kendaraan yang dilengkapi dengan mesin gas turbin. Untuk membantu menyalakan pesawat, kendaraan ini butuh udara seperlunya agar mesin pesawat bisa hidup. Selamanya kompresor tidak bisa bekerja sendiri untuk mengantarkan udara yang cukup, udara disediakan oleh air starter. Kendaraan ini mengeluarkan udaradengan selang yang didekatkan ke pesawat.

Kendaraan penunjang lain adalah portable water trucks. Kendaraan khusus yang berfungsi mengisi drinkin water di tangki pesawat ini juga dilengkapi sebuah pompa yang membantu menggerakan air dari kendaraan ke pesawat.

Berikutnya adalah lavatory services vecihles. Kendaraan ini sangat penting karena tugasnya membersihkan kotoran yang tersimpan di tangki pesawat. Setelah dibersihkan, tangki pesawat diberi campuran air dengan disinfecting concentrate atau biasa disebut blue juice.

Semua alat tersebut terkait dengan barang. Lalu, bagaimana dengan penumpang pesawat. Untuk membantu penumpang naik pesawat, ada passenger boardings stairs atau disebut tangga udara. Alat ini digunakan untuk mengangkut penumpang dari darat ke kabin pesawat.

Berikutnya adalah pushbacks tugs and tractors. Fungsinya menarik pesawat dari runway menuju apron, begitu juga sebaliknya. Tugs ini sangat bertenaga karena memiliki mesin yang besar sehingga bisa mendorong pesawat dalam beberapa situasi, seperti mendorong ke hangar.

Dan yang terakhir adalah de/anti icing, ini sangat dibutuhkan ketika musim dingin tiba (untuk daerah yang memiliki empat musim). Kendaraan anti-es ini melindungi pesawat dari kebekuan akibat tertutup salju, dengan menggunakan “tangan-tangan”, seperti sebuah cherry picker untuk mempermudah akses masuk kesebuah pesawat. Sebuah selang penyemprot yang khusus mencairkan es juga digunakan untuk mencegah penumpukan salju selama pesawat berada di pesawat.

About these ads

One thought on “MACAM-MACAM ALAT BANTU GROUND HANDLING DAN FUNGSI KEGUNAAN NYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s