Penyebab, Dampak Negatif serta Cara Pencegahan Polusi Udara di Bandara


Nama : Azwarini Nashella

Nim     : 224109021

Kelas : ZU 09 MTU

Disini saya akan menulis mengenai Penyebab Polusi Udara yang terjadi di Bandara serta Dampak negativenya bagi lingkungan sekitar dan Cara Pencegahannya .

Industri Penerbangan khususnya dalam pengelolaannya memiliki banyak resiko ,salah satunya adalah Polusi Udara tersebut. Apa yang menyebabkan  Polusi Udara dapat terjadi ? Serta apa sih dampak negative yang timbul akibat Polusi Udara ? Dan bagaimana cara pencegahannya ? Mari kita bahas satu persatu .

Polusi Udara di Bandara terjadi akibat karena asap yang keluar dari pesawat udara serta kendaraan yang berlalu lalang disekitar area Bandara . Bukan karena 2 hal itu aja teman ,ternyata dari yang saya baca,akibat hembusan pesawat jet yang keluar dari exhaust pesawat ( mesin – mesin terbang ) juga akan menyebabkan debu beterbangan yang otomatis bakal menambah si Polusi Udara tersebut . Bahan bakar yang terbakar selama landing dan take off juga dapat memiliki dampak yang serius bagi kualitas udara disekitar area Bandar Udara.

Oke setelah Penyebab yuk lanjut ke topik “ Apa sih dampaknya dari Polusi Udara itu “ ? Jelas yang pertama dampaknya akan menimbulkan Polusi Udara yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat khususnya bagi yang bertempat tinggal disekitar area Bandara. Dari yang saya baca nih menurut beberapa ahli yang tergabung dalam WWF ( World Wide Fund )  tahun 1991yang mengatakan bahwa  Oksida Nitrogen yang dihasilkan dari pembuangan mesin jet dapat merusak lapisan ozon lebih parah dari CFC *bukan makanan lho tapi Cloro Fluoro Carbon ( gas/senyawa penyebab global warming ). Bukan hanya merusak lapisan ozon tapi juga dapat merusak lapisan atmosfir  dan efek rumah kaca.

Setelah membahas Penyebab serta Dampak  dari Polusi Udara tsb, terakhir deh “ Bagaimana Cara Pencegahannya “ . Pertama Bandara harus jauh dari lingkungan perumahan agar tidak mengganggu kesehatan  masyarakat sekitar . Sebab akibat dari mesin pesawat terbang terhadap global warming dapat diminimalisir dengan cara mengontrol emisi CO2 ( dengan mengurangi efesiensi pembakaran ) serta kemajuan dan kecanggihan Teknologi diharapkan akan menyumbang kesuksesan terhadap pengurangan dampak Polusi Udara yang keluar dari mesin pesawat terbang .

Semoga karya tulis saya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca . sampai ketemu di karya tulis berikutnya ya.

About these ads

6 thoughts on “Penyebab, Dampak Negatif serta Cara Pencegahan Polusi Udara di Bandara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s