Misteri penyebab jatuhnya pesawat Adam Air terungkap !!!!


Nama : Azwarini Nashella

Nim     : 224109021

Kelas  : ZU 09 MTU

Dalam kesempatan  ini, saya akan share ke temen-temen  mengenai “ Misteri penyebab jatuhnya pesawat Adam Air di Selat Majene, Sulawesi Barat “. Mau tau selengkapnya isi dari karya tulis ini ? yuk mari silahkan baca J.

Masih ingatkah anda  tentang kasus jatuhnya pesawat Adam Air di Selat Majene, Sulawesi Barat ? Tentu masih dong … Kasus tersebut terjadi pada tanggal 1 Januari 2007 ( tepat sehari dimana kita merayakan pesta malam tahun baru ). Pesawat Boeing 737 milik airlines Adam Air rute Surabaya – Manado jatuh di selat Majene, Sulawesi Barat. Pesawat ini kehilangan arah ditengah perjalanannya kemudian hilang dari pantauan radar ATC ( Air Traffic Control ) Makassar.

Setelah kejadian tersebut, semua media baik dari media cetak maupun media elektronik menunjukkan bahwa pihak Adam Air dan Pemerintah kita tidak dapat menemukan bangkai pesawat serta penumpang yang menjadi korban. Lalu pertanyaannya kemana sebenarnya pesawat itu dan apa penyebabnya pesawat tersebut bisa hilang ? Mari kita bahas lebih lanjut yuuuk …

Kemana hilangnya pesawat tersebut serta apa penyebabnya masih simpang siur. Ada yang bilang pesawat itu diculik oleh makhluk gaib *waw mistis yaaa ,namun ada yang bilang juga pesawat itu jatuh kedalam dasar laut sehingga tim SAR tidak dapat menemukan bangkai dari pesawat  Adam Air serta para penumpangnya . Dari artikel dan sebuah media cetak yang saya baca, penyebab utama kecelakaan tersebut adalah adanya kerusakan pada komponen pesawat dan kurangnya pengetahuan dari si pilot .

Pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2007, Tim SAR berhasil mengangkat black box pesawat dari dalam dasar laut . Dari adanya black box ini penyebab jatuhnya pesawat Adam Air dapat diteliti oleh Komite Nasional Keamanan transportasi ( KNKT ). Investigasi menunjukkan bahwa komponen pesawat yang bernama IRS (Inertial Refference Systems) mengalami kerusakan. Alat ini berfungsi sebagai system navigasi pesawat yang bekerja sama dengan sistem auto-pilot, sehingga pesawat dapat terbang menuju koordinat yang ditentukan tanpa kendali pilot. Namun, IRS rusak sehingga pesawat keluar dari jalur aslinya dan kehilangan arah, sehingga pesawat tersebut jatuh dan menabrak laut .

Setelah diusut dan diteliti lebih lanjut, ternyata perangkat IRS sudah mengalami kerusakan selama 3 bulan terakhir. Perangkat tersebut tidak dibetulkan oleh pihak Adam Air, hanya dibersihkan saja komponennya lalu dipasang kembali. Selain itu, pilot tidak memperoleh training yang cukup dari Adam Air. Hal inilah yang menyebabkan pilot kurang mengerti sistem pesawat yang dipakai.

Kasus ini memberikan kita bukti bahwa dunia penerbangan di Indonesia system keselamatannya masih sangat kurang . Contoh : Pihak Adam Air tidak memperhatikan seluruh komponen pesawat sehingga mereka tidak mengetahui adanya kerusakan pada salah satu dari komponen pesawat  tersebut. Seharusnya alat IRS itu diperiksa kembali sebelum dipakai untuk terbang. Semoga kasus ini memberikan sebuah pelajaran yang berarti kepada seluruh maskapai penerbangan untuk lebih memperhatikan alat-alat atau mesin yang ada di dalam pesawat sehingga diharapkan agar tidak terjadi kembali kasus yang serupa. Dan untuk para pilot seharusnya diberikan training sebelum Ia kembali bekerja.  Ingat !!! nyawa tidak dapat digantikan oleh uang . Keselamatan Penumpang itu hal yang utama . Safety First guys .

Semoga karya tulis kedua saya ini dapat bermanfaat untuk kalian yang membacanya . Nantikan kembali karya tulis berikutnya yaa J

About these ads

11 gagasan untuk “Misteri penyebab jatuhnya pesawat Adam Air terungkap !!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s