ASURANSI KECELAKAAN DALAM PENERBANGAN


ASURANSI KECELAKAAN DALAM PENERBANGAN
Nama : JUNANI JULIANTI
Nim    : 224109174
Kelas  : E Groundhandling
Di zaman modern ini ternyata asuransi sangat penting di dunia penerbangan. Karena asuransi mempunyai peran yang sangat strategis di dalam penerbangan dan diatur di dalam hukum nasional dan hukum internasional. Semua kegiatan penerbangan wajib di asuransikan termasuk alat – alat yang berkaitan dengan penerbangan.
Peran asuransi penerbangan semakin besar dirasakan oleh perusahaan penerbangan dengan banyaknya kecelakaan pesawat terbang di Indonesia sekarang ini. Hal ini terjadi pada kasus kecelakaan pesawat Garuda 421 yang pernah terjadi di desa serenan, kabupaten klaten tanggal 16 januari 2002. Asuransi telah menyediakan dana sebesar Rp 10 miliar untuk biaya evakuasi penumpang, barang, pesawat udara, serta pencemaran lingkungan akibat kecelakaan pesawat tersebut. Kecelakaan pesawat Merpati Nusantara Airlines pada pesawat udara Fokker 28 nomor penerbangan MZ724 yang terjadi di sorong. Asuransi menyediakan dana sebesar US$ 4,500,000.00 (empat setengah juta dollar) dan kecelakaan yang terjadi pada pesawat Lufthansa yang terjadi di Bali. Asuransi menyediakan dana sebesar DM 2,000,000.00 (dua juta uang Jerman). Dan masih banyak lagi kecelakaan yang di alami pesawat penerbangan di Indonesia.
Menurut UURI Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan, dalam kasus yang ada di atas terdapat banyak pasal yang mengatur salah satunya pasal 165 ayat (2) jumlah ganti kerugian yang diberikan oleh badan usaha angkutan udara niaga diluar ganti kerugian yang di berikan oleh lembaga asuransi yang ditetapkan oleh pemerintah.
Ternyata banyak juga pasal yang mengatur tentang asuransi kecelakaan didalam UURI No.1 Tahun 2009 tentang penerbangan yang menyatakan bahwa setiap perusahaan penerbangan diwajibkan untuk berkerja sama kepada lembaga asuransi. Karena dengan adanya lembaga asuransi, perusahaan penerbangan dapat membagi beban resiko akibat kecelakaan kelembaga asuransi dan mengurangi biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan penerbangan bila terjadi kecelakaan.
Apalagi pada era teknologi tinggi penerbangan, keselamatan penerbangan menjadi faktor utama yang meningkat dengan tajam. Hal ini di buktikan dengan menurunnya jumlah korban kecelakaan pesawat udara. Bagaimanapun canggihnya teknologi penerbangan sekarang, kecelakaan pesawat udara tidak dapat di cegah sama sekali. Usaha manusia hanya bisa mengurangi atau memperkecil tingkat kecelakaan pesawat udara. Dan sekarang hampir semua perusahaan penerbangan di Indonesia juga telah mengasuransikan pesawat udara maupun awak pesawat udara. Jadi sekarang tidak perlu takut lagi naik pesawat udara, karena semuanya yang berkaitan dengan kegiatan penerbangan telah diasuransikan oleh perusahaan penerbangan termasuk bila kita menjadi penumpang. Dan diharapkan tidak adalagi kecelakaan pesawat udara di Indonesia.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s