Mengenali Bagaimana Perilaku dan Karakteristik Konsumen Jasa Penerbangan Domestik di Indonesia.


Mengenali Bagaimana Perilaku dan Karakteristik Konsumen Jasa Penerbangan Domestik di Indonesia.

Nama  : Siska Yulianti

Nim     : 224109335

Kelas  ; E

Dalam tulisan ini ada tiga hal yang ingin di ketahui. Bagaimana profil atau karakter konsumen jasa penerbangan pada saat ini,alasan apa yang melatarbelakangi mereka mengambil keputusan untuk melakukan penerbangan,hal apa yang membuat mereka memilih jenis penerbangan itu.Konsumen secara selektif memilih stimuli mana yang akan diterima dan menjadikan stimuli tersebut sebagai dasar psikologi utama. Penginterpretasian stimuli juga berbeda-beda pada masing-masing individu.Perilaku konsumen adalah dinamis berarti bahwa perilaku seorang konsumen selalu berubah dan bergerak sehingga keduanya melibatkan pertukaran.beberapa karakter konsumen yaitu,pola pikir,kepercayaan,tujuan hidup kegemaran dan kebiasaan.Dengan kata lain produk yang dibeli konsumen bukan karena kebutuhan & fungsi melainkan juga untuk menciptakan presepsi tertentu mengenai dirinya,misal status dan gengsi.Yang mendominasi motif konsumen melakukan perjalanan penerbangan adalah motif urusan keluarga dan bisnis. Alasan menggunakan jenis penerbangan adalah pilihan waktu terbang yang sangat variatif ,ketepatan waktu dan tawaran tarif murah. Kepuasan konsumen diperoleh dengan membandingkan antara harapan dengan pengalaman konsumen,semakin tinggi tingkat kesesuaiannya maka konsumen semakin puas. Harapan konsumen adalah pelayanan yang baik,jaminan kenyamanan,ketepatan waktu berangkat dan tiba pesawat (on time performance). Saran saya perusahaan penerbangan tetap mempertahankan strategi tarif murah, dan ketepatan waktu.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s