Bagaimana menindak kesalahan dalam penulisan nama dan kesalahan lainnya dalam pemesanan tiket pesawat ?


Nama : MONA FATIAH

NIM     : 224109170

Kelas  : ZU 09

Dalam dunia Ticketing pasti pernah mengalami kesalahan dalam proses pembuatan tiket seperti salah penulisan nama , kesalahan perhitungan dalam jumlah harga , salah pengetikan dalam menuliskan tujuan dan salah dalam menuliskan berapa jumlah orang yang akan memesan tiket , karena ada beberapa orang yang membeli tiket bukan hanya membeli untuk dirinya sendiri melainkan untuk saudaranya , karena tiket sekarang sudah lebih simple dalam bentuk e-ticket.

Lalu bagaimana kalau kesalahan-kesalahan seperti ini terjadi jika kita sudah sampai bandara tujuan dan baru menyadari hal tersebut dan bisa mengancam anda gagal terbang? bagaimana anda harus bertindak? apa tindakan airlines? Untuk membahas hal ini lebih lanjut saya telah bertanya kepada seseorang yang pernah bekerja di bidang ticketing dan berikut penjelasannya.

Narasumber, Fara Husna ( ex pegawai ticketing Garuda Indonesia ) mengatakan jika  ada kesalahan nama dalam tiket , pada saat anda menyadarinya langsung bergegas untuk menelfon ke call center atau datang langsung ke tempat pembelian tiket, pada fase ini biasanya penumpang yang panik karena takut gagal terbang langsung mendatangi check in counter , padahal petugas check in tidak bisa merubah itu semua , proses perubahan nama hanya bisa dilakukan di bagian ticketing. Setelah menelfon call center dan menyebutkan ejaan nama anda dengan benar dan yakin tidak ada kesalahan lagi petugas sudah melalukan proses pembetulan yang dinamakan “Cor name” kepanjangan dari Correction name dan data tiket anda sudah masuk ke computer di check in counter selanjutnya e-ticket anda bisa di print ulang dan anda dapat melanjutkan perjalanan .

Berikutnya ialah kesalahan perhitungan jumlah total harga tiket yang harus dibayarkan , masalah seperti ini biasanya jarang merugikan pihak penumpang karena yang pernah terjadi adalah pegawai ticketing salah dalam menjumlahkan total dan terjadi minus dalam total harga yaitu penumpang membayar dibawah harga yang harus dibayarkan sehingga ini akan merugikan pegawai karena harus mengganti rugi uang tersebut , untuk masalah seperti ini jika kita di pihak karyawan harus menelfon penumpang tersebut dan menjelaskan kesalahan yang terjadi dan meminta untuk bersedia membayar kekurangan pembayaran tersebut , menurut pengalaman yang pernah terjadi biasanya penumpang mengerti dan mau membayar kekurangan pembayaran tiket .

Untuk kesalahan penulisan tujuan dan jumlah orang dalam tiket cara penanganan dan kemana anda harus bertindak ialah sama seperti kasus kesalahan penulisan nama , anda harus melapor ke call center , atau jika keadaan sudah tidak memungkinkan karena terjepit waktu keberangkatan biasanya pihak check in counter yang membantu menelfon ke call center atau supervisor atau datang langsung ke ticketing bandara.

Menurut saya dengan keadaan seperti ini , disaat semua orang tidak pernah luput dari kesalahan karena tidak ada yang sempurna di dunia penumpang dan pegawai harus bisa membantu satu sama lain , pegawai melakukan tugasnya dengan baik seperti menuliskan dengan benar data yang dibutuhkan dan kebutuhan pelanggan dalam membeli tiket , begitu juga dengan penumpangnya harus menyebutkan dengan detail nama , tujuan , dan jumlah orang jika ingin bepergian karena sesekali ada penumpang yang salah mengeja namanya sendiri.

Dan lebih baik lagi pegawai mengecek ulang hasil tiket setelah dicetak begitu juga dengan si pembeli tiket mengecek kembali tiketnya agar meminimalisir resiko dan lancar dalam perjalanan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda para penumpang jasa transportasi udara juga anda para mahasiswa yang ingin mempunyai pengalaman kerja di ticketing.

About these ads

Satu gagasan untuk “Bagaimana menindak kesalahan dalam penulisan nama dan kesalahan lainnya dalam pemesanan tiket pesawat ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s