Bagaimana Penanganan Petugas Keamanan Bandara Terhadap Penumpang yang Membawa Senjata Tajam atau Barang Berbahaya Lainnya ke dalam Wilayah Bandara?


Nama : Rina Nur Wijayanti

Nim     : 224109099

Kelas  : ZU09

Menurut Bapak Wiyadi yang bertugas sebagai Ordinator Security Terminal 1 di Bandara Soekarno-Hatta, Beliau mengatakan berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara No: SKEP / 2765 / XII / 2010 yang isinya tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara dan Barang Bawaan yang diangkut dengan pesawat udara dan orang perorangan, bahwa penanganan terhadap penumpang yang membawa senjata tajam atau barang berbahaya lainnya ke dalam wilayah bandara akan mendapatkan penanganan khusus dari pihak keamanan bandara. Pertama barang-barang berbahaya atau senjata tajam tersebut akan di data dan di tanyakan tentang dokumen-dokumennya, setelah itu barang tersebut harus dititipkan di security items karena sudah menjadi prosedur dan peraturan bandara.

Apabila barang berbahaya tersebut berupa senjata api, maka dalam waktu 24 jam barang tersebut harus sudah diambil oleh pemiliknya dan jika tidak diambil maka barang tersebut harus diserahkan kepada pihak kepolisian. Jika penumpang tersebut membawa barang yang termasuk dalam golongan Dangerous Good maka yang akan mengurus barang-barang tersebut adalah bagian kargo.

Jadi menurut saya, yang telah dilakukan oleh pihak keamanan bandara itu sudah cukup baik karena sudah sesuai dengan prosedur yang ada tetapi alangkah baiknya jika keamanan di dalam bandara itu lebih ditingkatkan karena hal seperti itu sangat beresiko terhadap penumpang lainnya, dan sebaiknya untuk para penumpang yang membawa senjata tajam segera memberitahukan kepada petugas agar penumpang tersebut langsung mendapatkan penanganan khusus dari si petugas atau si penumpang tersebut langsung menempatkan barang-barang tersebut di barang-barang yang akan dibagasikan kecuali senjata api dan amunisinya.

About these ads

Satu gagasan untuk “Bagaimana Penanganan Petugas Keamanan Bandara Terhadap Penumpang yang Membawa Senjata Tajam atau Barang Berbahaya Lainnya ke dalam Wilayah Bandara?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s