Dokumen penerbangan apa saja yang harus dimiliki oleh penumpang saat melakukan perjalanan udara/penerbangan?


Dokumen penerbangan apa saja yang harus dimiliki oleh penumpang saat melakukan perjalanan udara/penerbangan?

NAMA   : WISNU HANDOYO

NIM       : 224107257

KELAS : E

 

Dokumen yang harus dimiliki oleh penumpang saat melakukan perjalanan udara, sebagai berikut:

1. General Declaration adalah dokumen pernyataan umum yang harus dibawa dalam penerbangan international yang dipergunakan untuk prosedur CIQ (karantina, imigrasi, customs) ke dan dari suatu Negara yang isinya menginformasikan tentang registrasi pesawat, tanggal journey, route , nama – nama crew lampiran fax manifest, cargo manifest , kejadian dalam penerbangan dan penanganannya, penyemprotan desinsectiside yang di tanda tangani oleh Pic atau FSM jika diperlukan


2. Shore Pass adalah kartu ijin tinggal sementara di suatu Negara bisa diartikan karena crew tidak memiliki visa dan sebagai pengganti paspor yang diberikan kepada awak pesawat untuk kurun waktu dan dengan batasan radius tertentu. Untuk KSA adalah kota jedah dengan batsan waktu 48 jam.

 

3. Load Sheet adalah dokumen pesawat yang diperlukan oleh awak kokpit untuk mengetahui berat atau beban yang dimuat dalam pesawat sehingga dapat diketahui stabilizernya yang kaitannya untuk dipergunakan pada saat take off dan landing. Untuk FA yang perlu diketahui adalah jumlah penumpang dan cabin bag.

 

4. Pax Manifest adalah dokumen penerbangan yang dipergunakan untuk procedure CIQ yang di dalamnya menerangkan daftar nama- nama pax, nomer kursi , jenis kelamin pax , jumlah dan berat bagasi yang dibawa, tujuan dan hal – hal khusus yang perlu mendapat penanganan oleh awak kabin pada saat terbang dan kedatangan.

 

5. Actual Passenger on Board ( APB ) adalah dokumen pesawat yang diperlukan pada saat penerbangan Domestik / Haji menerangkan total penumpang secara nyata di dalam pesawat dan ditandatangani oleh FSM.

 

About these ads

One thought on “Dokumen penerbangan apa saja yang harus dimiliki oleh penumpang saat melakukan perjalanan udara/penerbangan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s