Apa saja tugas dan kegiatan pramugari yang kebanyakan orang awam tidak tahu ?


NAMA            :MONA FATIAH

KELAS           :ZU 09

NIM                :224109170

Pramugari , ketika mendengar nama ini yang ada di benak kebanyakan orang ialah sosok perempuan cantik , tinggi , dan selalu senyum untuk melayani penumpang. Secara awam kita sebagai penumpang hanya melihat pekerjaan pramugari ialah menyambut kita sebagai penumpang di pintu pesawat , menunjukan arah tempat duduk kita , membantu menaruh barang cabin anda,menunjukan cara pemakaian alat keselamatan,menawarkan dan menawarkan makanan serta minuman dengan troli dorongnya . Namun tahukah anda pekerjaan pramugari tidak hanya sampai disitu saja masih banyak pekerjaan lain yang tidak terlihat oleh mata kita .

Untuk menjelaskannya saya telah bertanya dengan narasumber saya yang bernama Maya Suraya , ia adalah pramugari dari salah satu airline swasta . Ia mengatakan pekerjaan pramugari selain yang tadi saya sebutkan di atas adalah pekerjaan di Galley bisa disebut juga sebagai dapur pesawat , di galley ini pramugari memanaskan makanan yang dikirim dari catering airline seperti frozzen fruit dan memasukan makanan-makanan tersebut ke dalam Cart atau troli dorong , jadi ternyata pramugari tidak hanya langsung terima jadi saja dan memberikan langsung kepada penumpang tapi tetap ada proses di dalamnya. Selain itu di galley juga tempat pramugari untuk melayani permintaan khusus dari penumpang seperti membuat susu bayi , jadi sebagai penumpang kita juga bisa dapat meminta tolong kepada pramugari yang sedang bertugas akan kebutuhan yang anda inginkan , jika permintaan tersebut bisa dan tersedia fasilitasnya pasti akan dibantu oleh sang pramugari. Dan khusus untuk Manager flight tugasnya juga sebagai pengatur entertainment di pesawat seperti Switch ON dan OFF dan reset

Selain itu pramugari juga harus memastikan saat mau take off pintu pesawat harus dalam keadaan arm , keadaan arm adalah dimana posisi pintu pesawat harus menyatu dengan slide , sedangkan slide itu adalah karet penyelamat yang seperti “perosotan” hal itu dimaksudkan agar pada saat kejadian yang akan membahayakan keselamatan dan mengakibatkan pendaratan darurat slide tersebut berfungsi dengan baik. Pramugari juga harus “menjelikan” matanya karena harus mengawasi penumpang yang kadang masih membandel menyalakan perangkat selular nya dan lupa untuk menutup jendela , memakai sabuk pengaman dan menegakan sandaran kursi.

Seorang pramugari juga harus siap sedia untuk menangani masalah apapun itu yang terjadi di pesawat sekalipun itu belum pernah diajarkan pada saat training , contohnya ialah hal yang tidak terduga seperti penumpang yang mengalami mual saat naik pesawat namun penumpang tersebut alergi terhadap obat mual jadi disini harus “pinter-pintenya” pramugari menggunakan pengalaman pribadinya seperti cara menghandlenya ialah dengan menutup Belly Button dengan perekat luka biasanya cara ini efektif untuk menangani masalah tersebut. Selain itu jika ada seseorang yang terkena Heart Attack itu juga merupakan tugas pramugari untuk menanganinya pertama-tama ia harus mencari apakah ada Dokter yang menjadi penumpang jika tidak ada pramugari harus segera member tindakan CPR yaitu Cardio Pulmonary Respiration atau sering kita sebut nafas buatan.

Menjadi pramugari juga tidak hanya belajar saat training saja , di tempat narasumber saya bekerja setiap setahun sekali pasti dari pihak airlines akan melakukan kegiatan “Refresher”yaitu seperti mengetes memori sang pramugari seperti bagaimana caranya proses evakuasi , tentang alat-alat keselamatan dank arena insyallah dan Alhamdulillah nya tidak pernah melakukan evakuasi banyak crew pramugari yang lupa akan hal tersebut , dan akan mengurangi nilai. Jika nilai yang diminta dibawah rata-rata maka akan diminta ulang kembali dan jika pengulangan lebih dari 3 kali sang pramugari harus rela dikirim ke training awal lagi seperti crew yang baru masuk atau crew yang baru cuti hamil setahun. Selain itu seorang pramugari juga harus mengikuti pelatihan pesawat baru , misalkan pesawat yang biasa dipakai ialah boeing dan perusahaan baru membeli pesawat airbus , maka pramugari/a harus mengikuti training pesawat tersebut untuk mengetahui tata letak galley , alat keselamatan , dll.

Jadi , sebagai pramugari tidak hanya bermodalkan fisik , tapi juga otak dan pengalaman pribadi untuk menangani masalah-masalah yang terjadi pada saat di pesawat . Memang kelihatannya pekerjaan pramugari hanya terlihat “enak” nya saja , jalan-jalan keliling dunia , menjelajah satu kota ke kota lain , satu Negara ke Negara lain tapi sesungguhnya ia juga mempunyai beban di pundaknya untuk tetap dapat menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpangnya,ia juga tetap berusaha untuk menjadi karyawan yang potensial karena ia terus belajar setiap tahunnya dan bekerja dengan senyuman walaupun sesekali ia bekerja di saat tidak sehat dan mengalami luka dalam proses kerjanya , terima kasih pramugari/a yang sudah berusaha memberikan pelayanan terbaiknya , keep spirit .

About these ads

4 thoughts on “Apa saja tugas dan kegiatan pramugari yang kebanyakan orang awam tidak tahu ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s