PROSEDUR PENANGANAN PENUMPANG


Nama : Purnamasari

Nim   : 2231.09.043

Kelas : D 3 MTU A

Tugas : 4

Hal-hal yang perlu di ketahui dalam prosedur penanganan penumpang

Macam Penumpang

pendaftaran penumpang ada beberapa macam penumpang dalam hal reservasi (pemesanan)-nya, yakni :

  • Penumpang yang sudah OK, di tiketnya tertera OK dan namanya ada di daftar penumpang atau passenger name list (PNL).
  • Penumpang yang  menunggu, penumpang yang ada tiketnya belum OK dan namanya juga tidak ada di PNL.
  • Penumpang tidak datang atau no-show, nama penumpang ada di dalam PNL, tetapi yang bersangkutan tidak datang melapor.
  • Penumpang bisa pergi atau go-show, penumpang tidak ada dalam daftar PNL, di tiket belum OK.

Sebelum membuka check-in counter, harus mempersiapkan tempat duduk para penumpang, antara lain :

  • Menyediakan tempat duduk yang telah dipesan penumpang
  • Jangan menggunakan tempat duduk yang telah dipesan oleh penumpang singgah (transit) atau oleh penumpang di lain airport yang akan disinggahi.
  • Barisan paling depan biasanya untuk penumpang yang membawa bayi.
  • Anak kecil yang pergi sendiri (Unaccompanied Minors/UM) diberi tempat duduk khusus, bisanya dekat gally, supaya mudah diawasi oleh pramugari/pramugara.
  • Jangan memberikan tempat duduk dekat pintu darurat kepada anak-anak, penumpang cacat dan penumpang sakit

Last Minute Change (LMC)

Bisa saja terjadi sewaktu check-in counter sudah tutup, tiba-tiba ada calon penumpang yang datang terlambat dan memberikan alas an keterlambatannya, agar dia bisa terbang pada saat itu juga. Keadaan ini disebut LMC atau penumpang yang diterima pada saat-saat terakhir. Sebelum kita bisa menerima LMC, perlu kiranya diperhatikan hal-hal berikut :

  • Calon penumpang tidak membawa koper/bagasi, sehingga tidak menyebabkan keterlambatan karena masih harus memasukkan bagasi keperut pesawat.
  • Calon penumpang masih punya cukup waktu untuk mengurus imigrasi dan berjalan ke pesawat.
  • Masih ada persediaan makanan di pesawat untuk calon penumpang tersebut, dan lain-lain.

Penumpang dengan Penanganan Khusus

Ada beberapa penumpang yang memerlukan penanganan khusus,misalnya :

  • Orang buta
  • Ibu yang sedang hamil
  • Anak kecil yang bepergian sendiri
  • Orang penting
  • Cacat atau lemah
  • Awak Kapal Laut
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s