PENTINGNYA PENANGANAN BARANG DENGAN PESAWAT UDARA UNTUK MEMPERTAHANKAN TINGKAT KESELAMATAN DAN KEAMANAN PENUMPANG PT. GARUDA INDONESIA


Nama :          Hanum Kumairoh

Nim    :          224110275

Kelas  :          Mtu E

Tugas semi Skripsi

PENTINGNYA PENANGANAN BARANG DENGAN PESAWAT UDARA UNTUK MEMPERTAHANKAN TINGKAT KESELAMATAN DAN KEAMANAN PENUMPANG PT. GARUDA INDONESIA

Di BANDARA SEPINGGAN BALIKPAPAN

BAB I
PENDAHULUAN

I.  latar belakang masalah 
Transportasi dengan menggunakan moda pesawat udara lebih menguntungkan dibandingkan dengan transportasi lain. Maka dalam dunia penerbangan segala yang menyangkut keamanan penumpang harus sangat  diperhatikan, karena sangat pengaruh terhadap tingkat keselamatan penumpang. Faktor – faktor yang mengenai pengangkutan barang berbahaya atau dangerous goods. Dangerous goods adalah barang yang dikategorikan sebagai barang special cargo yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan orang lain atau benda padat, gas atau cair yang dapat membahayakan kesehatan, keselamatan jiwa dan harta benda serta keselamatan selama transportasi maupun penyimpanan. Untuk itu barang – barang harus dilakukan penanganan khusus dalam pemeriksaan, penempatan dan kemesannya agar dapat melakukan pengangkutan ketempat tujuan dan agar untuk menghindari bila terjadi kesalahan dalam hal penanganan yang menyebabkan kecelakaan pesawat terbang, diantara terjadi korosi terhadap struktur pesawat terbang apabila adanya bahan kimia yang tumpah atau bocor. Jika penanganan yang digunakan tidak sesuai dengan regulasi – regulasi tersebut maka akan mengalami banyak masalah saat mendarat di bandara Bandar tujuan. Sehingga seluruh airlines di dunia juga harus melakukan penanganan dangerous goods yang sesuai dengan regulasi. Demikian juga pada PT. GARUDA INDONESIA yang sudah mempunyai brand image yang tinggi dikalangan nasional, sebagai salah satu air lines nasional yang sudah dapat dipercaya oleh masyarakat.

II. TUJUAN DAN MANFAAT
1. Tujuan penanganan :
A. Untuk tanggung jawab pengangkutan terhadap barang maupun orang.

B. Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat realisisasi pertanggung jawaban PT. Garuda Indonesia pada barang.

C.Untuk mengklasifikasi barang berbahaya atau dangerous goods.
D. Untuk mengetahui peraturan tentang penanganan pengangkutan terhadap barang berbahaya atau dangerous goods khususnya pada PT. GARUDA INDONESIA.
E. Agar  mengetahui mempertahankan keselamatan dan keamanan penumpang dalam penaganan barang berbahaya.

2. Manfaat  penanganan :
a. Bagi perusahaan (PT. GARUDA INDONESIA)

Berguna sebagai bahan referensi dan dasar pertimbangan bagi perusahaan serta untuk mengevaluasi dalam penanganan pengangkutan barang berbahaya atau dangerous goods dalam mempertahankan tingkat keselamatan dan keamanan penumpang.

III. Landasan Teori

          Landasan tersebut berhubungan dengan hal – hal yang mendukung pada pembahasan permasalahan. Teori – teori tersebut digunakan sebagai acuan dalam penanganan suatu pengangkutan barang berbahaya atau dangerous goods dalam mempertahankan tingkat keselamatan dan keamanan penumpang. Dengan tingkat bahaya yang ditimbulkannya, maka penanganan yang digunakan untuk barang – barang tersebut harus mengikuti persyaratan atau regulasi yang berlaku secara internasional yang dikeluarkan oleh perserikatan bangsa – bangsa (PBB) atau united nations (UN) adalah ICAO (international civil aviation organization) dan IATA yang didalamnya termasuk mengatur aturan tentang penanganan dangerous goods dan transportasinya adalah melalui udara. Oleh karena itu PT. GARUDA INDONESIA harus dapat mempertahankan dan mengembangkan tingkat kedisiplinan dalam hal penanganan barang berbahaya tersebut. Sehingga dapat terciptanya system keamanan mengenai penanganan pengangkutan barang berbahaya.

Narasumber :

  1. Ayahanda bpk.Guntur suprianto
  2. Dr. H. K. Martono, S.H.
  3. Kurnia dwi rizky DIII MTU ATKP
  4. Shyntia bagas prabowo karyawan PT. Garuda Indonesia
  5. Sumber- sumber lainnya dan bahan mengenai penanganan dangerous goods.

IV. Analisa

Analisis ini merupakan dan pembahasan dalam suatu penelitian yaitu bagaiman peranan penanganan pengangkutan barang berbahaya melalui moda angkutan udara dalam mempertahankan tingkat keselamatan dan keamanan penumpang PT. GARUDA INDONESIA. Penanganan tersebut berhubungan dengan dangerous good, yang merupakan suatu  barang-barang yang berbahaya bagi penerbangan dan diperlukan penanganan khusus.
Garuda satu-satunya airlines di Indonesia yang siap mulai dari segi safety dan prosedur, untuk airlines lain belum siap untuk suatu pengiriman dangerous goods karna faktor pertama adalah orang-orang yang menangani dangerous goods tersebut tidak ada. Orang-orang yang menangani dangerous goods harus punya spesialisasi khusus dan sertifikat tertentu yang harus diperbaharui setiap tahunnya. Dan faktor kedua adalah airlines lain tidak punya tempat atau gudang khusus untuk menyimpan dangerous foods, hanya Garuda yang memiliki tempat tersebut.

 

Kesimpulan

Agar dapat merekomendasi yang dapat berguna sebagai bahan evaluasi yang mungkin berguna. Dengan demikian, bahwa definisi pengangkutan udara adalah orang atau badan hukum yang mengadakan perjanjian angkutan untuk mengangkut barang atau penumpang dengan pesawat terbang dengan menerima suatu imbalan. Pengangkutan udara diatur dengan undang-undang No 15 Tahun 1992 Tentang Penerbangan. Angkutan udara diadakan dengan perjanjian antara pihak pihak. Tiket penumpang atau tiket bagasi merupakan tanda bukti telah terjadi  perjanjian pengangkutan dan pembayaran biaya angkutan.

Saran

Pengamanan di bandara Sepinggan Balikpapan dalam mengantisipasi penanganan keamanan dan keselamatan penumpang maka saran yang diperlukan:

  1. Fasilitas X-Ray yang rusak dan kemampuannya kurang aktif perlu diganti dan fasilitas CCTV diganti dengan kemampuan yang dapat menangkap objek yang detail, rotasi 180⁰, horizontal 330⁰, vertikal 180⁰. Dan kecepatan zoom 10 kali serta pempatan CCTV ditempatkan pada posisi yang strategis dalam mengantisipasi.
  2. Penempatan peralatan Body Scanner Canggih segera dipasang agar mengantisipasi suatu penanganan. Dan Perusahaan menambahkan suatu perbaikan yang ada manfaatnya bagi perusahaan.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s