FOO Itu apa sich ?


Nama : Suci adelia

Nim: 224108271

 

Bagi orang awam yang tidak mengerti dunia penerbangan pasti gak pada tahu apa itu FOO, bahkan rekan sekelas saya di Manajemen Transpor Udara pun sempat nyeletuk “emang FOO itu apa sih ?”. Wow, padahal FOO atau Flight Operation Officer itu sangat berperan penting lho dalam operasi penerbangan, bahkan kegiatan flight operation yang menjadi tugas seorang FOO merupakan kegiatan utama yang menyebabkan pesawat dapat beroperasi. Kebayang gak tuh segimana pentingnya tugas seorang FOO . Dari mulai bikin schedule crew, tracking crew, ngatur transport crew, radio navigasi, bikin flight plan, ngisi load sheet, baca peta meteo, briefing pilot sebelum take off sampai memonitor pesawat saat di udara. Udah kebayang kan gimana ribetnya? Fyi, ternyata pada saat ngitung weight and balance tuh dilakukan 15 menit sebelum pesawat take off lho, dan pengisiannya itu masih manual di beberapa airline. Can you imagine guys.

Lebih jauh lagi, seorang FOO merupakan decision maker atau pengambil keputusan disaat-saat darurat. Contohnya, ketika terjadi engine trouble saat akan take off maka pilot akan menghubungi FOO untuk menanyakan apa pesawat tersebut masih aman terbang dengan single engine? Lalu FOO akan berkoordinasi dengan teknisi dan juga beracuan pada CASR (Civil Aviation Safety Regulation) yang menyebutkan bahwa pesawat dapat terus terbang walau dengan single engine dengan syarat ketinggian tidak lebih dari 25000 feet dan flight hour tidak lebih dari 1 jam. Dan banyak lagi contoh lainnya saat seorang FOO dituntut juga sebagai decision maker.

Dahulu, tugas-tugas seorang FOO dikerjakan sendiri oleh pilot, namun seiring perkembangan zaman dan untuk efisiensi waktu maka dibentuklah FOO yg mengambil alih tugas pilot saat di ground atau di darat. Jadi dengan kata lain FOO itu sama aja dengan pilot, pelajaran yg dipelajari pilot pun juga dipelajari oleh FOO. Tapi, penghargaan atas kerja seorang FOO masih sangat minim, apalagi di Indonesia, FOO itu terkadang tidak dihargai. Contohnya saja gaji FOO junior fresh graduate masih berkisar 2,2 juta itupun belum dipotong uang antar-jemput crew. Namun bagi kalian yang ingin menjadi FOO tidak perlu berkecil hati, kabarnya gaji tersebut naik setiap 3 bulan, apalagi jika ditambah dengan multi rating license yang dimiliki, maka gaji nya bisa berkisar antara 8-20 juta sebulan. Fantastis bukan, memang sudah sepantasnya apresiasi terhadap seorang FOO lebih ditingkatkan lagi, mengingat tugas yang diembannya sangatlah berat dan merupakan jantung dari kegiatan operasi penerbangan.

Iklan

16 thoughts on “FOO Itu apa sich ?

  1. – tulisannya sudah bagus.
    – paragraphnya diperbaiki lagi semestinya.

    Salam tugas

    Aldi Rubian / 224105052 / S1 MTU A.

  2. I’m very proud of U. You have shown me your real ability. You did it, girl ! continue to write everything for some people who are thirsty of information by reading like me. I love it…… !!!!!!
    Keep spirit…… Ok!

  3. sedikit masukan..
    karena di awal cerita bilangnya untuk org awam, kiranya istilah atau sebutan yang di pakai pun menggunakan yg bisa di mengerti oleh org awam.
    secara alur cerita dah cukup bagus.
    di akhir cerita bahas soal gaji n fresh graduate.. ada baiknya juga di tambahi info how to be FOO…

    cmiiw, rgds. fza

  4. lumayan, tapi yang menjadi pertanyaan saya adalah darimana anda dapat data itu? pengalaman sendiri? diceritakan orang? atau dari tulisan orang?

  5. @fza : hohoho maklum pak, ini kan blog ank stmt jdi ya emg bahasa’a begitu, klo diterjemahin lagi malah gak nyambung…
    how to be foo itu ada training school’a selama 6 bulan saja lalu ikut ujian utk dapet license.

    @aa : klo diperhatikan lebih seksama itu foto yg pertama lgi pegang radio navigasi penerbangan. dan foto yg kedua itu pilot lagi di briefing oleh fOO.

    @ pak eko : cerita dr abg saya pak,lalu saya tulis sendiri.
    foto jg dokumentasi pribadi jdi maklum saja klo masih amatir.

  6. Cukup bagus uraian yg dibuat Suci,..good Work,…tp, kamu dapat info dari siapa , klo gaji FOO bisa mencapai 20 Jt/bulan??? Berapa lama dia harus mendapatkan pengalaman kerja hingga bisa digaji sebesar itu? Mungkin jika ia menjabat sebagai General Manager Flight Operations bisa segitu y mba…. tolong diuraikan lagi ttg Jenjang karir FOO ya

  7. Ga sampai segitunya kalee… mana ada FOO briefing pilot? Dia cuma bikin flight plan, itung2 berat (weight and balance)-load sheet, yg mana itupun cuma pake grafik dan ga akan ada pilot contact FOO nanya apa masih boleh terusin terbang saat one engine out (fail) – yang pasti harus land ASAP itu prosedurnya, ga perlu nanya siapa-siapa. Biasalah seseorang yg mengerjakan sesuatu pasti sedikit banyak membesar-besarkan pekerjaan itu karena rasa bangga.. NO OFFENSE YA, try to find more information before you write something.

  8. kakak, pliz perdalaman ilmu ttg Flight Operation. Tanggung jawab Pilot tidak bisa disamaratakan dengan tanggung jawab FOO.. Jelas dalam setiap penerbangan yang menjadi decision marker adalah PIC (Pilot in Command), FOO sebatas memberi informasi, penyambung informasi dll yang diperlukan oleh Captain on flying…

    but so far…tulisannya menarik. thanks, kakak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s