BOARDING GATE


NAMA : DELA MARETIA

NIM     : 2241.08.292

KELAS : F

 

Boarding adalah proses menaikan penumpang kedalam pesawat. Sebelum boarding para penumpang dapat menuggu di ruang tunggu khusus penumpang yang akan naik ke pesawat yang disebut gate/lounge. Penumpang yang akan masuk ke dalam Boarding Gate diberikan Boarding Pass yang berisi nama penumpang, tujuan, tanggal penerbangan, nomor ruang tunggu (gate), dan nomor tempat duduk yang sesuai dengan seat yang telah dipilih oleh penumpang tersebut, dimana Boarding Pass diberi sticker yang terdiri dari 3 warna :

  • Hijau (rear row) : konfigurasi seat dengan no 19-25
  • Biru (middle row) : konfigurasi seat dengan no 12-18
  • Merah (front row) : konfigurasi seat dengan no 5-11

Dengan mempertimbangkan aturan keselamatan penerbangan, embarkasi penumpang hanya di perbolehkan apabila cabin crew yang bertugas sudah lengkap dan selesai mempersiapkan cabin pesawat untuk dinaiki penumpang. Para petugas wajib mengikuti briefing dengan Airlines sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh masing – masing Airlines sebelum check – in counter dibuka. Para petugas yang bertugas harus siap di boarding gate dan mengarahkan penumpang ke pintu masuk pesawat.

Petugas boarding gate terbagi atas 3 bagian, yaitu :

  • Front desk

1-2 orang bertugas Memonitor serta mencatat keluar masuknya penumpang dan melabel Boarding Pass sesuai dengan Perioritas Boarding dan mencocokan kesesuaian boarding pass dengan nama penumpang dalam passport dan ticket.

  • Mini desk

1-2 orang bertugas memberikan informasi kepada penumpang yang akan melakukan penerbangan mengenai hal-hal delaynya suatu pesawat dan mempersiapkan pembuatan LoadSheet serta Manifest Passenger

  • Check gate

1-2 orang bertugas mengantar serta mengarahkan penumpang untuk masuk kedalam pesawat dan menghitung serta mendata penumpang yang akan naeek ke pesawat,

Boarding gate harus dilakukan :

  • 1 jam sebelum STD (Domestic Flight)
  • 2 jam sebelum STD (International Flight)
  • 3 jam sebelum STD (Middle East Flight)

Perlengkapan dan peralatan yang harus dipersiapkan petugas di area boarding gate adalah :

  • Radio Hand Talky
  • Hand Counter
  • Payung
  • Boarding Gate Check List
  • Formulir dan Surat Pernyataan (WCHR,UM,No Meals,APB,dll)
  • Amplop Security Item
  • Papan Petunjuk arah tujuan
  • Petunjuk urutan tempat duduk
  • Papan petunjuk pemeriksaan paspor
  • Test unit cabin baggage
  • Label limited release
  • Sticker Boarding Priority
  • Kertas manifest
  • Seating plan manual
  • Tas perlengkapan Boarding Gate / AT
  • TV Monitor
  • Solary Board
  • Lampu
  • Sticker PSC
  • Kebersihan Boarding Gate

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang apa saja permasalahan yang ada di dalam area boarding gate. Permasalahan-permasalahan itu adalah sebagai berikut :

  • Keterlambatan/delay

Keterlambatan dapat di sebabkan oleh 2 faktor, yaitu :

  • Faktor operasional (teknik and crew)
  • Faktor alam
  • Sistem yang bekerja tidak sesuai dengan kenyataan (display information)
  • Pesawat pindah ke gate lain
  • Petugas salah sobek boarding pass
  • Penumpang membawa bagasi yang berlebihan
  • Penerbangan yang di cancel

Apabila terdapat penerbangan yang di cancel maka pihak penumpang akan mendapatkan kompensasi dari pihak airlines berupa snack/makanan ringan 30 menit  apabila pesawat delay.

Menurut saya permasalahan-permasalahan yang terajadi di area boarding gate ini tidak hanya dikarenakan kesalahan para petugas yang bertugas di area boarding gate, melainkan bisa juga karena kesalahan para petugas di bagian lain, misalnya pada bagian check in counter. Karena apabila pada bagian check in counter terjadi keterlambatan atau kelalaian dalam pemeriksaan maka akan menyebabkan keterlambatan juga pada bagian boarding gate. Jadi menurut saya akan lebih baik apabila seluruh petugas di semua bagian mulai dari security check hingga pada area boarding gate merupakan petugas-petugas yang memang berkompeten pada bagiannya dan para petugas tersebut sebaiknya diberikan training-training untuk menunjang pekerjaannya. Selain itu juga agar para petugas yang bertugas lebih mengerti penanganan-penanganan apabila terjai kesalahan.

Para petugas boarding gate juga harus bisa melayani para penumpang dengan sabar apabila terjadi delay pada penerbangan. Karena apabila kabar yg diberikan oleh airlines masih simpang siur maka, petugas boarding gate lah yang akan menghadapi para penumpang. Selain para petugas boarding gate yang harus teliti dan cekatan, sebenarnya pada area boarding gate ini para penumpang juga harus aktif bertanya atau selalu melihat tanda-tanda yang disediakan di airport setempat. Karena sering sekali para penumpang naik pesawat pada penerbangan yang bukan tujuan sebenarnya karena salah masuk gate. Hal ini tentunya juga akan menimbulkan permasalahan pada penerbangan. Intinya dibutuhkan ketelitian semua pihak agar permasalahan-permasalahan yang terjadi di boarding gate dapat diminimalisasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s