APA ITU BAIL OUT ? ??


NAMA  : Achmad Hidayat

NIM     : 2241.08.248

Tugas   : ke-9

Bail out yang sering didengar berita-berita televise nasional tentang kasus-kasus uang dan bank. Tapi kali ini tidak membahas bail out yang itu. Bailout disini yaitu yang sangat dikenal oleh para penerbang militer, khususnya para penerbang pesawat tempur. Bailout ialah proses keluarnya penerbang dari cockpit pesawat dikarenakan pesawat dalam keadaan bahaya.

Dan yang dimaksud dalam keadaan bahaya disini antara lain yaitu hamper tertembak musuh atau sudah tertembak musuh, pesawat dalam keadaan tidak baik atau akan mencela kakan penerbang, pesawat akan terjatuh. Sedangkan pada jaman dahulu, sebelum adanya kursi lontar, Bailout dilakukan dengan cara manual, seperti membuka melepaskan diri dari kursi (seat), membuka kanopi, dan melompat.

Seiring kemajuan teknologi, kursi lontar pun tercipta untuk memudahkan penerbang pesawat tempur untuk menyelamatkan diri. Pesawat -pesawat tempur dewasa ini dilengkapi dengan kursi lontar (ejection seat) yang berfungsi untuk menyelamatkan pilot saat terjadi kecelakaan. Salah satu kursi ontar yang digunakan oleh pesawat F-16 adalah ACES II. . Kursi lontar pesawat terbang ini di rancang untuk bisa digunakan melontarkan pilot pada ketinggian dan kecepatan nol, artinya kursi lontar bisa diaktifkan saat pesawat dalam keadaan diam di darat sampai kecepatan 600 knot dengan ketinggian sampai 50.000 kaki.

Sedankan resiko untuk pengguna resiko lontar itu sendiri yaitu kecelakaan, karena pengguna kursi lontar itu sendiri tidak sembarang. Dalam penerbangan sangat ketat dalam prosedur-prosedurnya. Demikian juga dalam penggunaan kursi lontar. Prosedur yang salah dalam penggunaan kursi lontar, justru lebih meningkatkan resiko kecelakaan bagi pilot, misalnya apabila posisi tubuh tidak dalam posisi yang benar dapat mengakibatkan patah tulang pada punggung bila dalam posisi membungkuk.

Namun, yang kita ambil pelajaran dari sebuah kecelakaan ialah proses bail out yang mengakibatkan penerbangnya terluka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s