ENAK GA ENAKNYA JADI PRAMUGARI ITU APA AJA SIH?


Nama    : Davita Yunilasari

Nim       : 224109107

Kelas    : ZU 09

Apa aja sih suka dukanya jadi pramugari? Berikut ini adalah jawaban narasumber yang sudah cukup berpengalaman menjadi pramugari. Narasumber tersebut bernama Marlisa Nur Syafsetiani. Ia adalah pramugari dari LION AIR. Berikut adalah jawaban beliau. “ Suka duka menjadi pramugari itu, sukanya :

  • Bisa jalan-jalan gratis, tanpa harus keluar biaya transport dan akomodasi.
  • Bisa mengenal banyak orang.
  • Mendapatkan pengalaman yang ga semua orang dapetin, missal harus bisa mengoperasikan emergency equipment.
  • Dapat pengetahuan untuk mengatasi penumpang yang tiba-tiba  sakit di pesawat, misalnya sakit jantung, ashma, dll.
  • Diberi pengetahuan cara memadamkan api
  • Dibekali bagaimana cara mengevakuasi penumpang dan apa saja yang harus kita lakukan pada saat pesawat mengalami keadaan emergency yang dimana ratusan orang bergantung nyawa sama kita
  • Dibekali cara mengatasi hiject atau teroris dan cara menjinakkan bom.
  • Pramugari bisa jadi 3 hal profesi di dalam satu seragam, yaitu Dokter, Polisi dan juga Pemadam kebakaran.
  • Mendapatkan pengalaman seru, yaitu dilatih masuk ke hutan, berenang di laut, gunanya untuk membantu penumpang dalam kondisi terburuk.

Kalo dukanya jadi pramugari itu :

  • Walaupun udah ngejalanin 6 kali flight yang delay, dan dengan penumpang yang menggerutu tapi kita dituntut harus sabar dan tetap tersenyum.
  • Merasakan kangen keluarga, kangen orang tua karena dengan jam terbang yang tidak menentu mengakibatkan kita harus siap untuk jarang pulang kerumah.
  • Harus siap untuk tidak merasakan hari raya (lebaran), libur ditanggal-tanggal merah, karena mempunyai hari libur yang tidak menentu juga.
  • Kapanpun, dimanapun, jam berapa pun harus siap mendapatkan jadwal terbang, sekalipun itu tengah malam disaat orang-orang tidur tapi kita harus menjalankan tugas.
  • Harus siap mental bahwa nyawa penumpang lebih penting disbanding nyawa sendiri, walaupun di hati terdalam nyawa sendiri lebih penting, tapi itulah konsekuensi pekerjaan pramugari.
  • Saat orang tua telfon gue,pas saat gue ga pulang berhari-hari. Dengar suara orang tua yang bilang “kamu baik-baik aja nak? Jangan lupa sholat, berdoa dan jaga diri” dengan sekuat hati gue jawab “iya, aku baik-baik aja.” Tapi dibalik itu, orang tua gue ga tau gue jawab dengan air mata yang udah banjir di pipi. Makanya gue harus bisa akting di depan mereka bahwa gue baik-baik aja, gue ga mau buat mereka khawatir dengan pekerjaan gue ini.
  • Beberapa kali digoda penumpang dalam sehari, tapi kita harus tetap berlaku ramah, menghindar dengan halus walau hasrat ingin melempar sepatu ke mukanya.

Intinya pramugari itu gue sebut pekerjaan plus-plus. Plus-plus yang gue maksud yaitu dimana gue bisa mendapatkan gaji yang besar tapi mempunyai resiko nyawa orang sebagai tanggungannya, tapi juga bisa menolong banyak orang itu suatu hal yang mulia, disaat kita menjalankan tugas pekerjaan kita juga bisa mendapatkan pahala, ga semua orang bisa mendapatkan pengalam seperti itu.

Gue juga sebagai pramugari ga suka sama delay, tidak hanya penumpang saja tapi kita pun (pramugari) juga ga suka, karena dengan delay itu berarti mengurangi waktu istirahat pramugarinya.” Itulah suka dan duka dari seorang pramugari berdasarkan narasumbernya.

Menurut saya setiap pekerjaan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya pramugari, ternyata pekerjaan menjadi pramugari tidak sesuai yang dibayangkan. Saya selalu berpikir kalau menjadi pramugari itu sangat enak karena bisa pergi kemana saja tanpa mengeluarkan biaya, ternyata banyak juga beban menjadi pramugari. Dibalik penampilannya yang menarik, cantik dan anggun, mereka juga harus bisa melakukan kegiatan yang biasa dilakukan oleh laki-laki dan harus menahan rasa rindu ke keluarga. Walaupun mereka menjalankan tugas dengan penuh beban dan tanggung jawab tapi mereka harus tetap tersenyum dan ramah kepada penumpangnya. Dan menurut saya pekerjaan menjadi pramugari salah satu pekerjaan mulia, karena mereka harus lebih mengutamakan kepentingan dan keselamatan penumpang-penumpangnya dan menomer duakankepentingan dan keselamatan pribadi. Jadi, apapun pekerjaan yang kita dapatkan haruslah bikin pekerjaan itu menjadi mulia dan apapun resikonya hadapilah dengan rasa sabar dan yakin.

Iklan

11 thoughts on “ENAK GA ENAKNYA JADI PRAMUGARI ITU APA AJA SIH?

  1. itu bukan jawaban asli narasumber anda karena jawaban2 itu ada di situs :

    http://www.hamsterhead.info/2011/09/dibalik-senyuman-pramugari-yang-cantik.html

    seperti ini isinya :

    Ketika bepergian dengan pesawat -entah itu low-cost, penerbangan domestik,internasional apa pun namanya- kamu akan bertemu perempuan berseragam dan menyambutmu dengan senyum..

    Kamu tidak pernah tahu:
    #.Mereka dilatih masuk hutan & brenang d laut untuk menolongmu dalam kondisi terburuk,

    Kamu tidak pernah tahu:
    #.mereka membagikan makanan untuk kamu,setelah itu baru dia makan untuk dirinya..

    Kamu tidak pernah tahu:
    #.untuk cabin crew yg muslim.. Mrka lebih sering tayamum dr pda wudhu.. mrka shlat dngn duduk. D jump seatnya seolah baru sakit.. Mrka shlat tak tentu wktu krna mrka berpindah2 sngat cepat.. Mereka shlat tak tentu arah ka’bah.. Inilah keterbatasanku dlam pncarian nafkahku.. Bahkan antara aku & Sang Penciptaku..

    Kamu tidak pernah tahu:
    #.saat pesawat panas karna AC error mereka jga kepanasan bkn hanya kamu.. Jadi berhentilah menggerutu pada mereka

    kamu tidak pernah tahu:
    #.mereka hari ini sudah menjalani 6x flight yang delay dngn pnumpang yg menggerutu dan tetap harus tersenyum.. Senyumnyalah senjatanya

    Kamu tidak pernah tahu :
    #.macam” pnumpang yg naik d pesawat.. Dari pejabat smp tukang sol sepatu.. Dari yg diam,berisik smp yg jail sekalipun dy harus menegur dng senyum & sopan..

    Kamu tidak pernah tahu :
    #.berapa kali mereka d goda penumpang dlam sehari.. Dr anak muda bau kencur smp orang tua bau tanah.. & mereka harus tetap berlaku ramah,menghindar dng halus walou hasrat hati ingin melempar sepatu ke mukanya..

    Kamu juga tidak tahu :
    #mereka bisa mengatasi pnyakit jantung,asma,dll membantu persalinan.. mengoperasikan emergency equipment.. Mengatasi teroris.. Menjinakkan bom dll karna d pesawat cma mereka yg bisa kalian andalkan maka pelatihan extra di berikan pada mereka..

    Kamu juga tidak tahu:
    #.Mereka berdoa supaya semua lancar selama penerbangan,meraka jga bisa pulang dngn selamat

    Kadang kamu melihat mereka tersenyum sejak take-off sampai landing,
    #.Dan kamu tidak tahu,
    Jauh di dalam hatinya, mereka menangis rindu keluarga &
    Memikirkan ayah bundanya yg smakin menua..

    Kadang kamu melihat mereka dengan barang bermerek,
    #.Padahal mereka berbelanja karena berusaha melupakan segala rasa kangen utk pulang ke rumah krna terhalang tugas..

    Kadang kamu lihat mereka berjalan tergesa-gesa di pintu terminal,
    #.Yang kamu tidak tahu: mereka pengen harinya cepat berlalu, segera besok, dan hari selanjutnya, menjadikan sehari lebih dekat dengan cuti tahunan mereka.. Ini melelahkan & menjemukan jauh dr keluarga…

    Kadang kamu lihat mereka duduk di jump seat, ketika selesai service, mereka tidak juga memejamkan matanya..
    #.Kamu tidak tahu: mereka sangat mengantuk, sampai mereka bisa tidur tanpa harus memejamkan mata.. Mereka menjalani flight pagi buta bhkan ayam pun belum berkokok.. Atopun flight tengah malam barengan ma kuntilanak cari makan..

    Kadang kamu protes karena tidak ada pilihan untuk makan siangmu,
    #.Kamu tidak pernah tahu: mereka pun pengen memenuhi keinginanmu, tapi mereka tidak mampu berbuat apa-apa. Karna tak smua ada di sini.. Ini pesawat bukan hotel berbintang.. Mereka front liner yg kena omelan kalian..

    Kadang kamu minta mereka membawakan tentenganmu ke bagasi d atas tempat duduk:,
    #.Kamu tidak tahu: mereka tidak diijinkan melakukannya.. di samping itu mereka cewek.. Gimana kalau semua penumpang meminta hal yang sama?
    Maaf.. Mereka pramugari bukan kuli..

    Dan kamu tidak pernah tahu,

    Mereka sangat berharap ada di posisi sepertimu:
    #Bepergian dengan keluarga,
    Duduk di samping orang yang disayang..

    #duduk bersebelahan dng kekasih utk berangkat liburan,,

    #naik pesawat untuk pulang mudik lebaran,natal dan sebagainya,karna mereka tak seberuntung kamu

    #Ketika mereka melihat ke luar pesawat,
    Mereka ingin apa yang terjadi di luar sana.. Karna 70% waktunya di habiskan dalam burung besi itu..

    Source: http://www.hamsterhead.info/2011/09/dibalik-senyuman-pramugari-yang-cantik.html#ixzz1cN1A8v3I

    • maaf pak,saya kurang tahu si narasumber menjawab asli dari dirinya apa bagaimana,tetapi saya langsung mewawancarai si narasumber via BBM (BlackBerry Messenger).. terimakasih pak.

      • MAncaappp….Mas Broo….teruskan ikhlashnya, yaaa…Alloh pasti akan membalas semua perbuatan qt….Tp bgmn dengan Lion Air..Apakah sering terjadi kecelakaan karena terbang ke Riau kena tarif 700 rebuan ajaa… en pulang ke Jakarta dari Riau cuma 610 rebuan ajaaa………SDM dan Manajemen Lion Air bgmn, yaaaa

      • smansa ini siapa ya? koq sok tau kalau itu 5% aja? 1% atau 5% tetap nyonto dan anda sendiri tidak berani menampilkan nama asli? kenapa? malu atau takut? mari kita bicara dengan nama asli. ada nomer HP nanti saya hubungi anda.

  2. maaf mas eko , saya setuju dengan nara sumber , sekalipun kata2nya dia contoh dari suatu tulisan kan intinya uda kaya gitu suka duka yg bener2 mereka rasakan , semua temen , sodara , keluarga sy yg jd pramugara/i ngomong nya kaya gitu juga kq .

    • Terima kasih pak Rahmat Hidayat sudah mampir ke blog siswa saya.

      Apa yang dikatakan nara sumber bukanlah sesuatu yang asli dari diri sendiri dan hal itu yang saya jadikan pelajaran untuk mahasiswa. Apabila yang ditanyakan adalah pendapat pribadi maka haruslah pendapat pribadi bukanlah copy paste dari sumber tanpa menyebutkan asalnya.

      Selain itu apa yang disalin narasumber terlalu berlebihan bagi seorang pramugari, kenapa begitu? Mudah saja pak…. Istri saya pramugari, kakak saya pramugari, adik saya pilot dan saya bekerja di dunia penerbangan, dunia mereka bukan dunia yang jauh dari kehidupan saya.

      Suka duka yang ditulis atau lebih tepatnya copy paste terlalu berlebihan dan tidak orisinil 🙂

      Sudah belasan tahun saya menjalani hidup bersama pramugari (istri saya), juga sudah dua puluh tahun lebih saya kenal dunia mereka … biasa saja lho pak tidak berlebihan seperti tulisan itu…

      Kembali ke inti masalah: yang ditanyakan siswa saya adalah pengalaman pribadi sang pramugari sehingga akan lebih orisinal apabila menggunakan kata2 sendiri bukan copas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s