PROSEDUR DALAM PELAYANAN PENUMPANG TRANSIT/TRANSFER


NAMA            : Novi Puji Rahayu

KELAS           : DIII-MTU A

NIM                : 223109038

TUGAS           : GROUND HANDLING II ( Tugas-2)

Di dalam perusahaan operasi darat perusahaan penerbangan ( Ground Handling ), terdapat berbagai macam pelayanan-pelayanan yang diberikan kepada penumpang beserta bagasi yang di bawa oleh penumpang. Salah satu pelayanan yang diberikan oleh perusahaan ground handling tersebut kepada penumpang yaitu pelayanan penumpang pada saat transit atau transfer di suatu Bandar udara.

Prosedur dalam pelayanan ini yaitu mulai dari petugas dimana harus siap ditempat transfer desk 10 menit sebelum estimate time arrival, petugas pelayanan transit harus menyiapkan kartu transfer/transit, petugas harus memberikan kualitas pelayanan yang cepat, akurat, dan empati, sarana dan prasarana kerja harus dalam kondisi lengkap,terawatt, dan siap pakai serta lingkungan kerja harus dalam kondisi rapi dan bersih demi menjaga penampilan/performance dari setiap masing-masing petugas yang diberikan kepada penumpang secara maksimal.

Aktivitas yang harus dikerjakan petugas dalam melayani penumpang transit harus dilakukan sebaik mungkin demi terciptanya keamanan dan keselamatan penumpang. Aktivitas ini meliputi : dimana petugas harus siap di pintu kedatangan atau pintu gate 20 menit sebelum start time arrival (STA), lalu petugas security mengarahkan penumpang menuju counter transit, lalu petugas transit menyambut penumpang dan meminta  tiket serta boarding pass, selanjutnya petugas transit memeriksa nomor seat penumpang yang tertera pada boarding pass kemudian member kartu transit dan mencatat nomor kartu transit pada seat editing for transit kemudian penumpang diarhkan ke ruang tunggu. Seat editing for transit hanya digunakan oleh maskapai penerbangan express air dan trigana air dengan rute transit. Selanjutnya petugas gate  harus siap di depan pintu gate dan mempersilahkan penumpang naik ke pesawat sambil meminta kartu transit dari penumpang dan yang terakhir yaitu petugas transit dan petugas gate harus melakukan final check penumpang transit dengan data load departure message, boarding lounge dan load control, setelah itu baru penumpang dipersilahkan menuju ke pesawat untuk melanjutkan perjalanan kembali.

Dalam prosedur pelayanan transit ini, terdapat 2 pelayanan yaitu pelayanan pada saat penumpang transit tidak ganti pesawat dan penumpang transit ganti pesawat. Dalam pelayanan penumpang transit tidak ganti pesawat, dimana petugas harus mengarahkan penumpang untuk menuju ke ruang tunggu atau penumpang dapat menunggu di dalam pesawat. Sedangkan dalam pelayanan penumpang transit untuk ganti pesawat, dimana petugas harus mengrahkan penumpang ke ruang tunggu, lalu petugas harus aktif dalam memeriksa pesawat untuk mengecek barang penumpang yang tertinggal di pesawat, apabila ada barang yang tertinggal petugas harus menanyakan jenis barang dan nomor tempat duduk kepada penumpang yang transit tersebut atau petugas transit harus berkoordinasi dengan cabin crew pesawat agar dapat segera diketahui identitas dari barang penumpang yang tertinggal tersebut.

Iklan

One thought on “PROSEDUR DALAM PELAYANAN PENUMPANG TRANSIT/TRANSFER

  1. Maaf sebelumnya sya mau bertanya. Mohon bantuan info nya.
    Saya mau kejeju dapat transit di hongkong. Yang mau saya tanyakan tentang bagasi apakah saya perlu cek ulang gmna?
    Terimakasuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s