Apa sajakah fasilitas yang diberikan untuk Pramugara dan Pramugari?


NAMA             : Fitria Candra

NIM                 : 224109269

KELAS           : ZU09

Narasumber  : Shandy Subarna, Pramugara Garuda

Fasilitas yang saya pribadi pernah gunakan adalah tiket gratis Garuda Indonesia PP untuk orang tua dan keluarga, dan juga pernah menginap di hotel terbaik dimana Garuda Indonesia singgah. Gaji, bicara spesifik disini, sekitar 15 juta/bulan exclude tambahan yang lain. Enak bukan?

Tapi saya tidak bisa bicara banyak jika hanya sebatas Pramugara saja, karena mau bagaimanapun, Pramugari lebih diprioritaskan. Nah untuk Pramugari Garuda, memang ada beberapa keuntungan lebih yang bisa didapatkan.

Misalnya mendapatkan pendidikan di Sekolah Pramugari Garuda Indonesia. Selain itu, para lulusan Pramugari Garuda Indonesia biasanya “bernilai lebih” bagi maskapai domestik lainnya. Misalnya jika nanti sudah berhenti atau tidak bekerja sebagai Pramugari Garuda Indonesia, maskapai penerbangan domestik lain akan sangat terbuka untuk menerima lulusan Pramugari Garuda Indonesia. Begitu juga jika ingin bekerja di Industri Perhotelan, semuanya menjadi mudah karena lulusan Pramugari Garuda Indonesia sudah diakui. Beberapa teman saya yang berhenti jadi Pramugari sudah membuktikannya kok.

Tanggapan   : Menurut saya, memang kompensasi dan konsekuensi adalah satu kesatuan. Gaji yang tinggi per bulan dan fasilitas lain yang diberikan memang sangat menggiurkan. Tapi lihat juga konsekuensinya. Pramugari bukan pekerjaan gampang. Malah masuk kategori berat. Karena jauh dari keluarga, jadwal padat tiap harinya, delay bertubi tubi, komplain dari penumpang, belum lagi pandangan miring dari orang orang sekitar, membuat kompensasi tadi cukup sebanding. Ingat, konsekuensi dan kompensasi. Dua hal yang selalu berjalan beriringan. Masalahnya adalah seimbang atau tidak dalam berjalannya.

About these ads

4 gagasan untuk “Apa sajakah fasilitas yang diberikan untuk Pramugara dan Pramugari?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s