Apakah sarjana transportasi udara sangat di butuhkan dalam dunia penerbangan?


Nama: Tia Aulia Athar

NIM: 224109092

Kelas: ZU09

Narasumber: Meinar D. Rahmanto – Manager HRD Lion Air

Dalam perekrutan calon pegawai terlebih dulu mencari latar belakang yang terkait, posisi apa yang sedang di butuhkan, itu yang kami cari. Untuk lulusan manajemen transportasi tentu memiliki nilai lebih dari yang lain dikarenkan kesesuaian bidang yang dipelajari dengan bisnis yang dijalankan, seperti perusahaan yang saya pegang ini, Lion Air. kebutuhan akan sarjana lulusan manajemen transportasi udara sangat di perlukan sesuai dengan pertumbuhan industry ini.

Tanggapan:

Sebagai calon sarjana dengan background manajemen transportasin udara, saya senang mendengar jawaban dari narasumber yang mengatakan bahwa sangat di perlukan sesuai dengan pertumbuhan industri ini. Dunia penerbangan memang berkembang pesat, maka dari itu permintaan akan sumber daya manusia pasti akan meningkat. Namun, saya banyak menemui sarjana lulusan manajemen transportasi terkadang tidak bekerja pada bidangnya. Banyak yang bekerja di tempat yang tidak ada kaitannya dengan bidang transportasi, misal bekerja di bank, perusahaan farmasi, dan lain-lain.

Tapi di sisi lain, melihat fakta yang ada, bahwa lulusan transportasi belum tentu bekerja di bidangnya ini merupakan sebuah cambukan bagi siapa saja yang sedang menimba ilmu di bidang ini. Tentu mereka berharap dapat bekerja di perusahaan penerbangan, cargo, ground handling, tour travel, atau apapun yang berkaitan. Tapi, melihat kenyataan yang seperti ini, kita sebagai calon sarjana bidang transportasi harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi persaingan di luar sana. Banyak kenyataan di lapangan yang berbeda dari apa yang seharusnya. Nilai IPK pun bukan jaminan kita di terima di perusahaan besar. Mendengar cerita salah satu dosen bahwa sekarang IPK tinggi justru tidak di utamakan dalam perekrutan pegawai, karena berdasarkan pengalaman perusahaan mereka, sarjana dengan IPK tinggi justru tidak bisa menerapkan apa yang mereka dapatkan di bangku kuliah dengan pekerjaan di perusahaan tersebut. oleh karena itu mereka lebih memilih sarjana dengen IPK yang sedang, tidak terlalu rendah. Karena mahasiswa dengan IPK sedang lebih bisa di arahkan. Maka dari itu, kita sebagai calon-calon penerus haraus mempersiapkan diri dari segala aspek, dari pengetahuan, mental, sampai ke hal-hal terkecil pun harus kita persiapkan.

Iklan

3 thoughts on “Apakah sarjana transportasi udara sangat di butuhkan dalam dunia penerbangan?

  1. sayang tulisanmu yang bagus ini tidak diimbangi tata cara penulisan yang baik,

    gunakan paragraf.

    tulisan mu ini bisa menjadi penyemangat mahasiswa, coba dirapihkan sehingga enak dibaca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s