Lebih Bagus Mana Sih Boeing Dengan Airbus ?


Nama : Giriani Ajeng Saputri

Nim : 224109221

Kelas : ZU 09

Pada saat ini banyak perusahaan penerbangan di Indonesia yang sudah menggunakan pesawat berjenis Airbus atau Boeing. Pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia misalnya, maskapai ini sebagian besar menggunakan pesawat terbang berjenis Boeing. Pada kesempatan kali ini saya menanyakan kepada seorang narasumber yaitu Bapak Capt.H.K.Susilo beliau adalah seorang pilot di salah satu maskapai penerbangan di Indonesia. Saya ingin menanyakan menurut pandangan seorang pilot lebih bagus mana antara Boeing dan Airbus ?

Menurut beliau antara Boeing dan Airbus sudah tentu lebih bagus Boeing. Karena dari pengalaman pabriknya saja sudah lebih dulu Boeing. Namun, mesin Boeing dan Airbus bisa saja sama. Mereka bisa sama- sama menggunakan Rolls Royce. Karena mesin pesawat yang membuat bukan pabrik Airbus atau Boeing itu sendiri. Namun dalam hal ini, bukan berarti Airbus tidak lebih bagus dari Boeing, mereka sama-sama bagus. Hanya saja mungkin kalau di lihat dari pengalaman memang lebih dahulu ada Boeing dibanding Airbus. Populasi ( jenis pesawat ) juga lebih terdapat banyak Boeing daripada Airbus.

Suatu jenis pesawat yang membuat bagus bukan hanya dari mesinnya saja, tetapi badan pesawat juga mendukung. Mesin pesawat yang dipakai di seluruh dunia biasanya di buat oleh Pratt & Whitney dan Rolls-Royce.

komentar :

Dalam hal ini mungkin saya kurang terlalu mengetahui sekali antara Boeing dan Airbus lebih bagus yang mana, mungkin menurut saya dari segi pengalaman memang Boeing lebih dahulu dibanding dengan Airbus. Namun bukan berarti karena Boeing lebih dahulu sehingga menjadi jenis pesawat yang bagus. Masih banyak Negara yang jarang menggunakan pesawat jenis Airbus bisa saja karena harganya yang mahal atau masih kurang percayanya maskapai penerbangan pada Airbus. Namun sekarang ini pemasaran Airbus juga sudah maju, sehingga menjadi persaingan yang ketat antara Boeing dan Airbus. Apalagi dengan Airbus mengeluarkan A380, menurut saya itu sudah menjadi suatu kemajuan. Di Garuda Indonesia masih banyak menggunakan Boeing mungkin karena rasa kepercayaan, tapi tidak semua jenis pesawat yang di pakai Garuda Indonesia berjenis Boeing. pesawat jenis Airbus pun sudah ada saat ini sudah ada.

Iklan

7 thoughts on “Lebih Bagus Mana Sih Boeing Dengan Airbus ?

  1. Faktanya, Boeing lebih sering celaka daripada Airbus di Indonesia. ini datanya
    Dari tahun 1995-2013
    Pesawat jenis Airbus (seri A300) yg celaka 1 insiden (th.1995-selepas th 95 tidak ada insiden)
    Pesawat jenis Boeing (Seri 737) yg celaka 8 insiden

    • Airbus mahal makanya jarang yg digunakan di dalam negeri..coba kalo airbus murah kyk boeing..bakal banyak air bus yg jatuh ketimbang boeing . Airbus laku krn monopoli UE ke seluruh maskapai penerbangan asal asia dan afrika wajib gunakan airbus utk penerbangan ke negara2 UE. Pdhal amerika tdk pernah memonopoli penerbangan ke AS pake boeing. Tp sampai saat ini boeing jauh lebih laku dr airbus krn banyak inovasi teknologi terbarunya. Boeing lebih aman dr airbus krn ada navigator …sedangkan airbus rdk ada navigator.

  2. Garuda membeli airbus krn ada peraturan yg dikeluarkan pihak UE bhw semua penerbangan dari esia menuju negara UE wajib gunakan Airbus.
    Kalo tdk ada peraturan tsb…airbus sdh gulung tikar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s