ANALISIS STRATEGI QUANTUM LEAP PT. GARUDA INDONESIA (PART IV )


NAMA : DIARSYSRI RAINY AKBAR TAWAKAL

NIM : 224109207

KELAS : ZU- 2009

BAB 3

PEEMBAHASAN

Sebelum membahas lebih jauh mengenai analisis penulis tentang Strategi Quantum Leap Garuda, penulis akan membahas terlebih dahulu sekilas mengenai apa itu strategi Quantum Leap Garuda.

Garuda Indonesia yang semula merugi dan dililit hutang, kini mulai bangkit. Pada tahun 2009, Garuda pun memperkenalkan sebuah strategi besar yang dikemas dalam program Quantum Leap yang diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2014-2015. Dengan program lompatan besar tsb yang merupakan rencana jangka panjang Garuda selama 5 tahun, Garuda ingin menjadi maskapai dengan predikat bintang lima yang sejajar dengan maskapai pesaing-pesaingnya.

Guna mempermudah pemahaman sekaligus pencapaiannya, telah ditetapkan Milestones untuk program Quantum Leap yang menunjukkan pertumbuhan setiap tahunnya secara terus menerus dan secara lengkap dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Sumber Gambar: Garuda Annual Report 2010

Guna mencapai Milestones sampai tahun 2015 seperti digambarkan diatas, Garuda Indonesia telah menetapkan tujuh pendorong pertumbuhan utama yang penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut:

Sumber Gambar : Garuda Annual Report 2010

1. Domestic.

Garuda mencanangkan untuk terus tumbuh dan mendominasi pasar full services carrier diIndonesia. Saat ini Garuda merupakan satu-satunya maskapai penerbangan kelas premium domestik. Segmen ini setiap tahun mengalami pertumbuhan sebesar 5-7%.

2. International.

Perusahaan akan kembali memperkuat pasar internasional dengan merestrukturisasi rute. Restrukturisasi yang paling signifikan dilakukan dengan menerapkan penerbangan langsung Dalam waktu dekat garuda akan membuka rute Hongkong, Shanghai, dan Beijing serta beberapa kota di Eropa dan Amerika Serikat yang direncanakan dapat terealisasi pada tahun 2012-2014. Potensi ini diperkuat dengan bergabungnya Garuda ke aliansi global SkyTeam.

3. LCC. Perusahaan akan mengisi pasar Low Cost Carrier melalui “Citilink”.

Perusahaan akan terus mengembangkan Citilink sehingga bisa mandiri dan menguntungkan.

4. Fleet.

Garuda akan melakukan pengembangan armada berdasarkan pertumbuhan dan potensi pasarnya, sekaligus meremajakan dan menyederhanakan tipe pesawat terbang yang digunakan serta modernisasi armada, dimana perusahaan akan mempercepat masuknya pesawat–pesawat baru dan mengeluarkan yang tua dengan tujuan peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan.

5. Brand.

Perusahaan akan memperkuat brand Garuda Indonesia, serta terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan melalui konsep “Garuda Indonesia Experience”. Ditambah lagi dengan terobosan menjadi maspakai pertama dan merupakan satu-satunya layanan di dunia. Dengan pelayanan “immigration on board”.

6. Cost Discipline.

Garuda akan fokus kepada upaya efisiensi biaya secara terus menerus sehingga keseluruhan biaya yang terjadi, berada pada tingkat yang lebih kompetitif dibandingkan maskapai-maskapai lainnya.

7. Human Capital.

Garuda akan terus berupaya untuk memiliki jumlah dan kualitas sumber daya manusia yang tepat, semakin memahami budaya Fly-Hi serta menghargai setiap karyawannya. Garuda juga akan terus melaksanakan pengembangan “human capital” sebagai resources yang akan menentukan keberhasilan Quantum Leap Perusahaan ke depan.

Itulah sekilas mengenai strategi Quantum Leap Garuda. Pada pembahasan sebelumnya narasumber mengatakan bahwa Garuda perlu memperhatikan Faktor internal perusahaan mereka guna tercapainya Quantum Leap pada tahun 2014-2015. Penulis kurang setuju mengenai pendapat narasumber tersebut, menurut penulis sebaiknya Garuda jangan hanya berfokus kepada factor internal perusahaan saja tetapi juga harus berfokus kepada factor eksternal yang berasal dari luar perusahaan berupa peluang dan ancaman. Berikut ini adalah peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Garuda menurut analisis penulis:

PELUANG:

  • Pertumbuhan bisnis penerbangan Indonesia mencapai 1,5-2 kali dari pertumbuhan PDB. Tahun ini bisnis penerbangan di Indonesia tumbuh 15%.
  • Selama Januari-Mei 2011, Pertumbuhan lalu lintas penumpang domestik tumbuh 13%. Sedangkan lalu lintas penumpang rute internasional tumbuh 14%.
  • Pertumbuhan masyarakat kelas menengah Indonesia yang cukup fantastis belakangan ini. Saat ini penduduk kelas menengah atas di Indonesia mencapai sekitar 50 juta orang. Ini merupakan pasar yang sangat besar untuk Garuda.
  • Perekonomian global pada tahun 2010 terus menunjukkan trend pemulihan yang positif dengan tingkat pertumbuhan tercatat sebesar 5%. Pertumbuhan positif di tingkat global tersebut juga diikuti pertumbuhan yang cukup signifikan dalam perekonomian di dalam negeri dengan pertumbuhan mencapai sekitar 6,1%
  • Potensi pangsa pasar LCC yang akan dimasuki oleh Citilink sebagai anak perusahaan garuda diramalkan akan sangat besar mengingat citra citilink yang sangat lekat dengan garuda sebagai salah satu maskapai yang memiliki safety baik.

ANCAMAN:

  • Garuda harus menghadapi tantangan besar dari raksasa penerbangan dunia, baik karena program open sky maupun berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean pada tahun 2015.
  • Pasar yang tengah bergejolak belakangan ini menjadi hambatan bagi Garuda Indonesia untuk berada di pasar saham guna mendapatkan modal.
  • Meningkatnya harga bahan bakar secara signifikan.
  • Perlunya peningkatan peranan pengawasan Dewan Komisaris dan peran Komite-Komite di bawah Dewan Komisaris dalam memelihara kepercayaan Pemegang Saham dan para stakeholders

SUMBER:

  • Annual report garuda tahun 2008, 2009, dan 2010
  • Kompas.com
  • Vivanews.com
  • Bisnis.com
  • Detik.com
  • Tribune news.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s