ANTISIPASI AIRLINES TERHADAP ORANG-ORANG YANG MENGALAMI PHOBIA (PART IV)


NAMA: TIA AULIA ATHAR

NIM: 224109092

KELAS: ZU09

 

BAB III

 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengalami peristiwa yang membuat cemas. Kecemasan adalah salah satu bentuk respon yang dikeluarkan oleh tubuh kita atas situasi tertentu yang dianggap berbahaya dan mengancam kita. Salah satu bentuk dari gangguan cemas adalah phobia.

Tipe phobia itu memiliki penyebab yang beraneka ragam, diantaranya karena adanya kejadian trauma yang melibatkan individu tersebut. Alasan ini pulalah yang membuat seseorang takut untuk menaiki pesawat terbang, phobia ini kemudian dikenal dengan acrophobia atau hyperphobia. Dalam hal ini, phobia yang dimiliki oleh seseorang dapat berakibat buruk dan dapat menghambat pekerjaannya.

Dalam antisipasinya terhadap costumer yang mengalami phobia pihak  maskapai penerbangan sudah seharusnya membuat iklan yang memuat bahwa semua orang tidak perlu takut untuk naik pesawat. Pihak maskapai juga wajib untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang. Maskapai penerbangan sudah seharusnya merancang pesawat yang dapat mengakomodasi para penderita phobia ini. Mereka harus dapat menikmati pesawat terbang dengan phobianya ini.

Misalnya, maskapai penerbangan membuat bangku khusus untuk penderita phobia jauh dari jendela agar mereka tidak perlu melihat keluar pesawat. Cara lainnya adalah dengan membuat pesawat khusus bagi penderita phobia. Memang sedikit sulit untuk direalisasikan tapi bukan berarti tidak bisa. Dengan kemajuan teknologi saat ini, segala hal dapat menjadi mungkin. Pesawat dengan rancangan yang sedikit tertutup dan kecil yang hanya memuat beberapa bangku saja khusus untuk penderita phobia. Pesawat ini juga dilengkapi dengan berbagai hal yang mengingatkan akan daratan, sehingga penumpang didalamnya tidak sadar dan tidak mengira bahwa mereka sedang berada didalam pesawat.

Cara ini dianggap cukup efektif untuk membantu para penderita phobia ketinggian untuk mengatasi phobia mereka, sehingga tidak aka nada hambatan lagi jika mereka ingin melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s