Kereta Api Bandara Solusi Transportasi Dari dan Ke Bandara Soekarno-Hatta (Part IV)


Nama: Frissie Cordhitta

NIM   : 224109355

Kelas: ZU 09

BAB III

Kereta api bandara, merupakan moda transportasi masal yang akan dibngun oleh pemerintah sebagai akses dari dan menuju bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, tujuan dibuatnya kereta api bandara agar masyarakat dapat menjangkau Bandara Soekarno-Hatta dengan cepat, aman, nyaman, mudah, dan murah. Proyek pembangunan kereta api bandara ini semula sudah direncanakan pemerintah sejak tahun 2005 lalu, namun karena ada masalah pembatasan lahan rencana pembangunan kereta api bandara sempat tertunda, tetapi sekarang ini telah  kembali direncanakan oleh pemerintah dan diperkirakan sudah dapat dioperasikan pada tahun 2013 mendatang.

Menurut infomasi yang saya dapat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah resmi menjadi penyelenggara pembangunan kereta api bandara Soekarno-Hatta dan kereta rel listrik (KRL) jalur lingkar Jabodetabek. KAI akan mulai mencari pinjaman dari bank lokal sebesar Rp 6,8 triliun atau 85% dari total dana yang dibutuhkan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2011 tentang proyek kereta bandara pada 24 November lalu. Perpres tersebut tidak hanya mengatur penugasan kepada KAI untuk menyelenggarakan prasarana dan sarana kereta api bandara udara Soekarno-Hatta, tetapi juga mengatur  proyek jalur lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. Untuk membangun jalur baru Tangerang – Bandara sepanjang 7 Km, KAI akan memakai dana internal perusahaan. Diperkirakan  investasi untuk proyek ini sebesar Rp 2,3 triliun. Dan  PT KAI akan menyelesaikannya dalam waktu satu setengah tahun dihitung sejak Perpres penugasan turun.

Menurut pendapat penulis, pembangunan kereta api bandara harus dapat segera direalisasikan oleh pemerintah, karena ini akan sangat menguntungkan bagi masyarakat khususnya bagi para pengguna jasa angkutan udara yang akan menuju Bandara-Soekarno-Hatta dengan menggunakan transportasi masal yang cepat, aman, nyaman, murah dan mudah. Karena seperti kita ketahui, bahwa akses dari atau menuju Bandara Soekarno-Hatta seringkali terkendala oleh macet dan terkadang banjir, yang tentunya hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan masyarakat dan dapat mengurangi nilai dari transportasi udara itu sendiri. Maka dengan dibangunnya kereta api bandara tersebut, diharapkan bisa menjadi solusi kendala transportasi dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s