Maksimalisasi Fungsi Evakuasi Helikopter Di Indonesia (Part 4)


Nama : Aisha Humaira

NIM : 224109143

Kelas : ZU09 S1-MTU

BAB III

Analisis Kualitatif

Helikopter adalah pesawat yang terbangnya menggunakan rotor atau propeller horizontal. Kebanyakan dari kita hanya tahu bentuknya saja. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas tentang  dunia helikopter di negeri kita, yaitu Indonesia.

Mengingat kondisi alam yang dimiliki oleh Indonesia, pasti ada tempat-tempat yang dimana pesawat bersayap tetap (fixed wing) tidak mampu untuk menjangkaunya. Disinilah peran helikopter sangat dibutuhkan. Tetapi peranan penting tersebut belum dapat terlaksanakan dengan maksimal.

Sebagian besar kegiatan penerbangan helikopter di Indonesia bergerak dibidang pertambangan seperti minyak dan gas, tourism, dan executive charter. Namun masih banyak kegiatan potensial lainnya yang belum dikembangkan. Sebut saja seperti kegiatan medivac (medical and evacuation). Kegiatan tersebut memang telah dilakukan, hanya saja masih dalam skala kecil apabila dikaitkan dengan bentuk geografis Indonesia. Bidang medivac inilah yang menjadi sorotan utama saya dalam tugas kali ini.

            Tidak berkembangnya operasi helikopter dalam bidang evakuasi disebabkan oleh kurangnya pilot helikopter itu. Menurut data yang dimiliki oleh APHI (Asosiasi Pilot Helikopter Indonesia), jumlah pilot yang aktif saat ini adalah 183 pilot. Angka tersebut masih jauh dari angka kebutuhan ideal akan pilot helikopter yang diproyeksikan oleh Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan yaitu 400 pilot. Angka pilot yang aktif saat ini juga juga tidak sebanding dengan banyaknya jumlah helikopter. Kekurangan pilot helikopter yang terjadi saat ini akibat tidak adanya regenerasi. Regenerasi terakhir terjadi 23 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1988 yang dilaksanakan oleh PLP atau yang sekarang kita kenal dengan STPI.

Melihat kondisi tersebut, regenerasi pilot helikopter Indonesia sangatlah dibutuhkan. Dan  tentunya kita berharap bahwa STPI dapat membuka kembali pendidikan pilot helikopter agar terlahir pilot-pilot yang baru.  Regenerasi pilot ini tidak hanya mengatasi terbatasnya jumlah pilot helikopter Indonesia, tetapi juga untuk mengantisipasi kebutuhan akan pilot helikopter dimasa yang akan datang. Apabila hal tersebut dapat terealisasikan, maka kegiatan-kegiatan potensial helikopter Indonesia  lainnya dapat berkembang dan berjalan dengan maksimal.

Pemanfaatan ruang untuk helipad juga menjadi faktor penting dalam memaksimalkan fungsi evakuasi menggunakan helikopter. Pembuatan helipad di tempat-tempat terpencil akan memudahkan apabila terjadi kecelakaan diarea dimana hanya dengan helikopter saja yang dapat menjangkaunya. Selain di tempat terpencil, helipad dapat ditempatkan diatas gedung. Dengan yang memprcepat proses evakuasi apabila terjadi sesuatu pada gedung tersebut.

Walaupun Indonesia telah memiliki Indonesia Air Ambulance (IAA). IAA menyediakan layanan charter, komersil, maupun escort baik untuk domestic maupun internasional. Seperti yang dikutip dari website IAA sendiri, IAA dirancang khusus untuk kebutuhan pasien yang tidak bisa berangkat sendiri ke rumah sakit yang diinginkan, karena usia tua atau rentan, terbatas untuk bergerak sendiri dan dalam kondisi gawat darurat. Medivac juga sangat berguna untuk pasien – pasien di daerah terpencil atau daerah yang belum mempunyai fasilitas medis yang memadai. Salah satu moda yang digunakan IAA untuk melakukan services adalah helikopter Bell. Tentu masih jauh dari kondisi yang kita harapkan, yaitu maksimalnya fungsi evakuasi helikopter di Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia harus dapat memaksimalkan hal-hal baik dalam hal pilot, helipad, serta pengadaan fasilitasnya itu sendiri sehingga dapat mewujukan fungsi yang maksimal dalam pengunaan helikopter untuk evakuasi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s