Optimalisasi Peranan Entertainment Di Inflight Service Untuk Meningkatkan Pariwisata Indonesia (part 4)


NAMA                        : Vina Yunitasari W.H.

NIM                 : 224109314

KELAS           : ZU09

BAB III

Analisis Kualitatif

            Penerapan inflight entertainment pada suatu maskapai penerbangan merupakan salah satu strategi yang bagus untuk menarik para penumpang untuk menggunakan jasa poenerbangan tersebut. Dalam hal ini inflight entertainment yang saya maksud adalah memberikan pelayanan hiburan dengan menyajikan berbagai kebudayaan di Indonesia. Seperti makanan khas Indonesia gado-gado misalnya, memutarkan lagu-lagu daerah yang ada di Indonesia, memutarkan video tentang kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia atau tarian-tarian daerah. Memberika souvenir khas Indonesia seperti souvenir rumah adat di Indonesia, menggunakan wewangian khas Indonesia seperti cendana, pramugari menggunakan seragam batik yang menjadi cirri khas Indonesia, sarung jok kursi pesawat dengan motif batik atau sarung yang berasal dari kain tenun atau motif songket dari daerah sumatera. Dengan entertainment seperti ini merupakan salah satu strategi juga yang dapat meningkatkan pariwisata Indonesia. Mengapa ? Karena dengan memberikan hiburan seperti ini di dalam pesawat, maka sama saja dengan memperkenalkan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Membuat para penumpang tahu apa yang dimiliki Indonesia.

            Service ini membuat para penumpang semakin tahu keindahan Indonesia. Sehingga mungkin saja penumpang memiliki keinginan untuk menggunakan jasa ini terus menerus. Kelebihan yang ada dengan mengoptimalkan penerapan inflight entertainment ini adalah merupakan suatu keuntungan bagi masakapai penerbangan dan juga keuntungan bagi dunia pariwisata. Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan bagi Indonesia.

            Gambar diatas merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh maskapai dalam inflight service entertainment. Dengan adanya fasilitas ini maskapai dapat memutarkan berbagai music daerah atau video kebudayaan serta daerah-daerah di Indonesia. Dengan begitu mungkin saja penumpang senang dan merasa terhibur. Tidak hanya menunggu duduk hingga tujuan tetapi diberikan hiburan yang menambah pengetahuan penumpang. Apalagi jika penumpang asing mereka akan merasa tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke Indonesia. Tentu ini sangat baik bagi maskapai maupun pariwisata Indonesia.

            Dampak positif yang didapat bagi maskapai      :

  1. Dapat meningkatkan profit
  2. Penumpang ingin terus menggunakan jasa penerbangan maskapai penerbangan tersebut
  3. Mendapat tanggapan positif dari penumpang tentang penerapan entertainment ini

Dampak positif bagi dunia pariwisata tentu membantu memperkenalkan wisata dan kekayaan yang dimiliki Indonesia. Sehingga para penumpang tertarik untuk berkunjung atau melakukan perjalanan wisata ke Indonesia.Dan bagi Negara Indonesia sendiri hal ini dapat meningkatkan perekonomian Negara secara tidak langsung dari meningkatnya dunia kepariwisataan.

Dengan mengoptimalkan penerapan inflight service ini tentu maskapai mengeluarkan biaya yang bisa dibilang cukup banyak. Tetapi jika teknik pemasaran dari maskapai penerbangan tersebut menarik tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk membuat service seperti ini terbayarkan.

One thought on “Optimalisasi Peranan Entertainment Di Inflight Service Untuk Meningkatkan Pariwisata Indonesia (part 4)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s