Pemasangan Iklan Di Boarding Pass Pada Maskapai Penerbangan Di Indonesia (Part IV)


Nama : Herny Puspitasari

NIM     : 224109277

Kelas  : ZU 09

BAB III

Boarding pass merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Suatu boarding pass biasanya berukuran kecil dengan menggunakan kertas yang tipis, hal tersebut dimaksudkan untuk menekan biaya untuk mencetak suatu boarding pass. Isi dari bagian depan boarding pass antara lain berupa nama calon penumpang, nomor penerbangan, nomor kursi calon penumpang, jam penerbangan, origin dan destination, dan lain-lain. Sedangkan di Indonesia, bagian belakang dari boarding pass hanyalah halaman kosong, tidak seperti Airlines asing yang memanfaatkan halaman belakang boarding pass untuk digunakan sebagai media promosi atau iklan suatu produk yang tentunya akan mendatangkan profit dari  bisnis non-aeronautical tersebut. Lalu, mengapa airlinesIndonesia tidak mengikuti cara positif yang diterapkan airlines asing dalam mencari sumber pendapatan lain?

Menurut pendapat penulis berdasarkan hasil penelusuran di internet, di luar negeri masih terdapat airlines yang memanfaatkan boarding pass sebagai media pemasangan iklan walau kertas boarding pass berukuran kecil dan kertasnya tipis. Salah satu contohnya adalah maskapai Scandinavian Airlines (SAS), seperti yang diberitakan di www.tobaccocontrol.bmj.com. Maskapai tersebut bekerjasama dengan perusahaan yang produknya dikenal dengan nama Nicorette yang menginginkan produknya dipromosikan lewat sebuah boarding pass. Iklan tersebut ditempatkan pada halaman belakang boarding pass dari SAS Airlines. Hal yang cukup menarik mengingat iklan tersebut juga sekalian berupa ajakan bagi setiap orang untuk memulai hidup sehat tanpa rokok, seperti slogan yang dimiliki oleh Nicorette, yaitu “Enjoy Life Without Ciggaretes”.

 

Apakah maskapai diIndonesiapernah menerapkan hal tersebut? Di Indonesia, sebenarnya suatu boarding pass pernah dijadikan sebagai tempat pemasangan iklan oleh beberapa airlines, salah satunya adalah Merpati Nusantara Airlines. Hal tersebut dikatakan oleh seorang narasumber yang merupakan staff bagian keuangan di Merpati. Tapi sekarang, Merpati sudah tidak memanfaatkan boarding pass-nya sebagai media promosi suatu produk. Alasan pertama adalah karena bentuk boarding pass saat ini kecil dan hanya menggunakan kertas tipis, sehingga kurang menarik pandangan jika digunakan untuk memasang iklan.

Alasan lainnya menurut narasumber adalah bisnis pemasangan iklan pada boarding pass saat ini bukan merupakan pemasukan yang signifikan bagi maskapai Merpati Nusantara Airlines, karena sistem yang digunakan adalah barter antara pihak airlines dan pihak perusahaan yang memasang iklan tersebut. Sedangkan menurut penulis, barter merupakan sistem yang tetap mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Misalkan, perusahaan kopi memasang iklan pada boarding pass Merpati, karena sistem yang digunakan adalah barter, maka perusahaan kopi tersebut harus memasok produk kopi yang dimilikinya sebagai salah satu minuman yang disediakan selama penerbangan. Hal yang menguntungkan bagi kedua belah pihak bukan?

Pendapat lain disampaikan oleh seseorang yang merupakan bagian dari perusahaan penerbangan Garuda Indonesia Airways, yang dimuat dalam situs  www.groups.yahoo.com. Pihak tersebut mengatakan bahwa bisnis pemasangan iklan di boarding pass merupakan bisnis yang cukup kompetitif. Karena selain menarik dan murah, target market dari bisnis tersebut adalah para pelaku bisnis, serta termasuk para marketer di dalamnya. Menurut penulis, pendapat tersebut bisa jadi benar mengingat boarding pass merupakan dokumen yang paling sering dilihat oleh orang yang sedang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, sehingga jika terdapat iklan pada boarding pass kemungkinan besar akan terlihat oleh si penumpang pesawat tersebut. Penulis pun setuju apabila dikatakan boarding pass merupakan tempat yang strategis untuk menempatkan iklan suatu produk, serta bisnis yang menguntungkan bagi pihak-pihak yang terkait di dalamnya.

One thought on “Pemasangan Iklan Di Boarding Pass Pada Maskapai Penerbangan Di Indonesia (Part IV)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s