Penerapan E-Passport Di Indonesia (Part IV)


Nama   : Davita Yunilasari

NIM      : 224109107

Kelas   : ZU 09

BAB III

ANALISIS KUALITATIF

Berdasarkan pendapat penulis, penerapan e-passport di Indonesia disosialisasikan mulai Januari tahun 2011, namun pada kenyataannya masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan e-passport itu sendiri. Seperti yang dijelaskan penulis salah satu hambatan penerapan e-passport di Indonesia ialah tekhnologi dan modal itu sendiri. Sesuai dengan apa yang dikatakan narasumber sebelumnya bahwa modal dan tekhonolgi diIndonesiabelum memadai sehingga sosialisasi e-passport terhambat.

Berdasarkan penulis dan narasumber, e-passport akan dijadikan sebagai passport yang berstandar Internasional. Seharusnya jika itu dijadikan standar Internasional, Dinas Perhubungan dan Imigrasi harus bekerja sama untuk menerapkan e-passport diIndonesia, dan mensosialisasikannya kepada masyarakat. Karena kita sebagai bangsaIndonesiatidak boleh tertinggal dengan kemajuan globalisasi dengan Negara-negara yang sudah lebih dahulu menerapkannya.

Selain itu,Indonesiajuga dapat mengurangi tindak kejahatan seperti pemalsuan atau penggandaan passport, karena diIndonesiasudah banyak tindak kejahatan seperti itu, sebagai contoh pada saat kasus Nazarudin yang ternyata menggunakan passport adiknya. Tentu saja tindakan-tindakan seperti itu dapat merugikan Negara, khususnya pihak Imigrasi dan Dinas Perhubungan.

Biaya yang dikenakan pada pembuatan e-passport hampir tiga kali lipat dari passport biasanya, namun dengan biaya yang dikenakan seimbang dengan manfaat yang akan didapatkan, dan pastinya kita pun akan merasa lebih bangga karena telah mengikuti kemajuan globalisasi dan juga mengikuti standar Internasional. Jadi, seharusnyaIndonesiasudah harus menerapkan dari sekarang, karena semakin cepat diterapkannya maka akan semakin lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s