PENGKAJIAN LEBIH LANJUT DALAM PENGGUNAAN MESIN SERBA OTOMATIS UNTUK PENERAPAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA ( PART 4 )


Nama : Fitria Chandra Dewi

Nim     : 2241 09 269

Kelas  : ZU 09

Menurut saya mungkin penerapan mesin otomatis ini merupakan tindakan yang egois dan kapitalis namun banyak juga memberikan dampak positif baik untuk perusahaan maupun pengguna bandara. Dari segi pemerataan lapangan kerja mungkin cara ini tidak dapat membantu, namun dalam mekanisme perusahaannya akan semakin baik karena tidak banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan di dalam bandara, seperti perbuatan nakal porter, penyelundupan-penyelundupan barang terlarang, dan kasus calo pasti dapat terhindarkan, karena semua sudah diatur dengan mesin, yang pada dasarnya mesin akan memperoleh data yang akurat. Dan untuk pemerataan lapangan pekerjaan untuk penduduk saya pikir bisa meningkatkan lapangan pekerjaannya diluar jakarta, seperti daerah-daerah yang terpencil yang masih sangat sedikit lapangan pekerjaannya, sehingga penduduk jakarta berkurang dan tidak banyak orang yang berimigrasi ke jakarta untuki mencari pekerjaan, dan jakarta tidak padat lagi.

Mungkin dari hal yang kecil, dan yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan lain, seperti gardu otomatis untuk memasuki lapangan parkir mobil di bandara itu sudah banyak digunakan dimana-mana, namun dibandara internasional SOETA masih manual menggunakan tenaga kerja manusianya. Dan seperti pengawasan kondisi disekitar bandara dan lapangan parkir pun bisa juga cukup dipasang camera-camera CCTV sehingga dapat dipantau didalam satu ruangan saja, sehingga tidak perlu menggunakan banyak pekerja dilapangan yang berkeliaran, menurut saya juga dengan banyak tenaga kerja yang bekerja tersebut tidak efektif. Karena tenaga kerja manusia itu lebih rewel menurut saya dibanding dengan mesin, manusia membutuhkan tunjangan ini itu, bonus-bonus akhir tahun, belum lagi apabila ada keputusan yang tidak mengenakkan untuk pekerjanya, dan terjadinya demo-demo, begitulah rewelnya bila menggunakan tenaga kerja manusia lain dengan mesin yang tidak membutuhkan itu semua, dan hanya membutuhkan biaya perawatan saja, yang menurut saya tidak lebih besar dari biaya apabila menggunakan tenaga kerja manusia.

One thought on “PENGKAJIAN LEBIH LANJUT DALAM PENGGUNAAN MESIN SERBA OTOMATIS UNTUK PENERAPAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA ( PART 4 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s