Perluasan Bandara Internasional Ngurai Rai terhadap Banyaknya Para Wisatawan (Part 4)


Nama :           Marcie Setyawati

NIM     :           224109063

Kelas  :           ZU’09

Pendapat Penulis

Di Bali hampir semua media internasional yang berhubungan dengan pariwisata dunia menempatkan Bali pada tempat teratas tujuan wisata tropis yang paling diminati. Tidak heran jika pulau yang indah ini sanggup menarik jutaan wisatawan baik asing maupun domestik setiap tahunnya. Bandara tersibuk di Indonesia ini akan diperluas terminal domestik dan internasionalnya sehingga bisa membuat lebih nyaman dan menyenangkan bagi para pendatang dan penjemput.

Relokasi ini akan membuat terminal bandara menjadi 2 kali lebih besar dari ukuran yang sekarang. Berharap perluasan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dapat meningkatkan daya tampung wisatawan mancanegara dan domestik yang per tahunnya mencapai 25 juta. Karena saat ini kapasitas terminal domestik Bandara Internasional Ngurah Rai 1,5 juta penumpang per tahun, namun pada praktiknya terminal domestik sudah melayani 4 juta penumpang per tahun. Saat ini rata-rata tingkat kunjungan wisatawan baru mencapai 11 juta orang.

Jika sudah pernah atau  beberapa kali landing di bandara Bali, begitu keluar dari terminal domestik pintu kedatangan pasti sedikit merasakan betapa kurang leganya ruang ini untuk ukuran bandara tersibuk di Indonesia. Dengan luas 13.000 meter persegi namun dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cenderung meningkat mulai awal tahun 2008, diperkirakan ruangan ini akan semakin sempit. Oleh karena itu perluasan menjadi 70.000 meter persegi (luas terminal internasional saat ini) menjadi sebuah keharusan.

Saya berharp perlu pengembangan yang benar-benar serius karena akan membawa dampak citra keluar negeri. Pengaturan petugas porter yang lebih tertib, fasilitas layanan seperti taksi, informasi hotel Balimoney changer, tourist information, keramahan petugas informasi dan sebagainya hendaknya dipertahankan dan semakin ditingkatkan. Maka nantinya diharapkan layanan dan kelengkapan fasilitas bandara akan semakin membaik. Wisatawan yang berkunjung di Bali baik lokal maupun luar negeri tentu juga akan semakin nyaman yang membuat mereka semakin kerasan untuk terus berkunjung ke Bali di tahun-tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s