ANALISIS FAKTOR PENYEBAB BURUKNYA PELAYANAN TERHADAP TKI DI BANDARA SOEKARNO – HATTA (PART V)


NAMA            : GIRIANI AJENG SAPUTRI

NIM                 : 224109221

KELAS           : ZU 09

BAB IV

MENGADAKAN KERJASAMA ANTARA BNP2TKI DENGAN  TRAVEL UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP TKI DI BANDARA SAMPAI KE DAERAH ASALNYA

4.1  Kesimpulan

Setelah saya melakukan analisis terhadap masalah yang saya bahas, kesimpulan yang saya dapat adalah bahwa yang meyebabkan buruknya pelayanan terhadap TKI di Bandara itu di sebabkan oleh pihak travel yang tidak mengikuti peraturan. Pihak travel seringkali memeras uang TKI dengan cara melakukan penaikan tariff terhadap TKI apabila ingin diantar sampai ke kampung halamannya. Seharusnya para TKI mendapatkan pelayanan yang baik ketika sampai di Indonesia, namun karena pihak travel pelayanan terhadap TKI pun menjadi tidak baik. Ketika di bandara para TKI landing di terminal 2 lalu di antar ke terminal 4 khusus TKI dan di terminal 4 ini lah terdapat pihak travel.

Dampak yang ditimbulkan karena masalah ini adalah para TKI merasa kurang nyaman dan kurang di hargai ketika mereka sampai di Negara nya sendiri. Padahal mereka bekerja di luar negeri untuk menambahkan devisa Negara dan mereka juga sebagai penyumbang devisa terbesar. Seharusnya pelayanan terhadap para TKI dapat ditingkatkan dan lebih di pertanggung jawabkan oleh pihak yang bersangkutan. Pihak yang seharusnya bertanggung jawab kepada para TKI adalah BNP2TKI. Seharusnya BNP2TKI lebih ketat lagi dalam memantau pihak – pihak lain yang berkaitan langsung dengan para TKI. Misalnya dengan mengadakan kerjasama dengan pihak travel yang mereka percayai, sehingga  pelayanan terhadap TKI lebih baik lagi. Memang untuk mengadakan kerjasama seperti ini membutuhkan biaya lebih yang tidak sedikit, tetapi dengan adanya kerjasama dengan pihak travel dapat memperbaiki dan meningkatkan pelayanan terhadap TKI di bandara sampai kedaerah asal mereka masing – masing. Jika pelayanan terhadap TKI sudah baik, perekonomian di Indonesia pun akan jauh lebih meningkat dari sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s