Analisis penggabungan Airport tax pada tiket penumpang (part V)


Nama             : Ronald Binsar Hasudungan

NIM                 : 224109281

Kelas              : ZU-09

      Penerapan Penggabungan Airport Tax pada Tiket Penumpang dengan Menggunakan ICH (Versi Nasional) untuk Membantu Transaksi

Kesimpulan

            Ide mengenai penggabungan airport tax padatiket penumpang pada saat check in counter memang bagus, dimana saat ini sudah sangat banyak penerbangan di Indonesia. Dengan adanya gagasan ini maka akan membantu dan mempermudah penumpang yang akan bepergian dengan pesawat udara. Penumpang bisa langsung menuju boarding gate setelah melalui check in counter.

            Pada penerapannya perlu memperhatikan beberapa hal terkait seperti management pengcollectan dan optimalisasi pekerja bandara khususnya yang bertugas menjaga airport tax. Bila hal terkait tersebut tidak berjalan dengan lancar seperti adanya keterlambatan dalam pengcollectan dapat merugikan pihak bandara dan airlines. Selain itu perlu adanya keterbukaan dan kejujuran dari kedua pihak. Bila ada 1 pihak netral dalam hal ini berupa bank atau lembaga keuangan yang sifatnya sama dengan ICH       ( IATA Clearing House) akan membantu setiap transaksi antara airlines dan aiport.

            Perihal tentang Petugas bandara yang menjaga airport tax, yang tugasnya dialihkan pada check-in counter, bisa diberdayakan pada divisi lain yang membutuhkan sumber daya manusia, saat masa kontraknya belum selesai. Sehingga penerapan airport tax pada tiket penumpang saat check-in akan efisien dan efektif karena airport dpt mengoptimalkan pekerja dan tetap mendapatkan pendapatan serta mempermudah para penumpang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s