ANTISIPASI AIRLINES TERHADAP ORANG-ORANG YANG MENGALAMI PHOBIA ( Part V )


NAMA: TIA AULIA ATHAR

NIM: 224109092

KELAS: ZU09

 

BAB IV

MERANCANG RUANGAN KHUSUS DI DALAM PESAWAT & MEMUAT IKLAN BAGI PENDERITA PHOBIA

IV.1 KESIMPULAN

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari phobia itu sendiri berdasarkan pada uraian di bab pendahuluan maupun pembahasan, phobia ternyata tidak bisa di hilangkan dalam waktu yang cepat, itu membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menghilangkan phobia. Hal ini yang menjadi sesuatu yang harus di antisipasi terhadap airlines. Ketika seseorang terdesak untuk melakukan penerbangan namun di satu sisi terhalang oleh phobia-nya.

Dalam wawancara yang saya lakukan terhadap salah satu cabin crew sebuah maskapai penerbangan, mereka hanya melakukan antisipasi personal approach terhadap penumpangnya, mereka belum sampai tahap pada perancangan pesawat atau pemisahan kursi pada penderita phobia. Mereka hanya melakukan pendekatan secara personal, dimana cabin crew di tuntut untuk menenangkan penumpangnya dengan pengembangan mereka masing-masing. Jika dangan cara itu berhasil, berarti masalah bisa teratasi sampai disitu namun jika terdapat penumpang dengan phobia yang berlebihan, apakah cabin crew harus terus menerus mendampingi si penumpang sampai pesawat itu sampai di tujuan?

Kesimpulan yang saya dapatkan dari semua adalah bahwa perusahaan maskapai belom sepenuhnya serius menangani antisipasi terhadap penumpang yang mempunyai phobia. Mereka hanya mengembangkan pendekatan pribadi tanpa melakukan sesuatu yang membuat penumpang itu nyaman berada di dalam pesawatnya. Perlu suatu gebrakan yang baru dalam kasus ini sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak bukan? Di satu sisi maskapai dapat menjual service tersebut, karena sampai saat ini sepertinya belum ada maslapai di Negara ini yang membuat khusus ruangan bagi penderita phobia. Di satu sisi penumpang tidak lagi harus merasa ketakutan yang berlebihan karena adanya service baru tersebut.

 

One thought on “ANTISIPASI AIRLINES TERHADAP ORANG-ORANG YANG MENGALAMI PHOBIA ( Part V )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s