Optimalisasi Penerapan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan Terhadap Kemajuan Industri Penerbangan Di Indonesia (Part V)


Nama             : Kristoni

NIM               : 224109187

Kelas             : ZU 09

BAB V

Kecukupan Modal dan Pengawasan Pemerintah Adalah Kunci Utama Dalam Pelaksanaan Undang-undang Penerbangan

 

Kesimpulan

Undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan ditetapkan untuk mengatur dan memajukan industri penerbangan di indonesia. Oleh karena itu semua pihak yang terkait memiliki kewajiban untuk mematuhi peraturan ini. Namun kenyataan yang ada, peraturan tersebut belum dilaksanakan secara optimal. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa industri penerbangan adalah industri yang kompleks, dimana tidak sedikit pihak yang terkait, sumber daya yang dibutuhkan, begitu pula dengan pembiayaannya.

Dalam undang-undang tersebut ada beberapa persyaratan agar airlines dapat diakui keberadaannya. Hal yang disayangkan adalah tidak semua airlines yang saat ini beroperasi memenuhi persyaratan tersebut. Sehingga pelaksanaan undang-undang ini perlu dilakukan adanya toleransi yang bersifat sementara bagi airlines oleh pemerintah agar airlines dapat memepersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan undang-undang tersebut lebih lanjut.

Kunci dari permasalahan ini adalah kecukupan modal. Airlines harus memiliki modal yang secara kontinyu dapat memenuhi persyaratan agar airlines tersebut diakui misalnya kepemilikan traine center, jumlah pesawat, dan seluruh fasilitas yang mendukung operasional termasuk sumber daya manusia yang berkompeten yang tentu saja tidak murah.

Selain pemberian toleransi dalam kurun waktu tertentu, pemerintah tidak boleh berhenti sampai disitu. Sosialisasi diikuti dengan pengawasan terhadap airlines harus dilakukan secara berkesinambungan. Supaya probabilitas airlines mematuhi undang-undang tentang penerbangan tersebut dapat meningkat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s