PELAYANAN RUTE DOMESTIK OLEH MASKAPAI ASING SEBAGAI AKIBAT ASEAN OPEN SKY DI INDONESIA (PART V)


Nama            : Ratih Hitaningtiyas

NIM                 : 224109077

Kelas              : ZU 09

BAB IV

Pembenahan Internal Bandar Udara dan Airline Lokal Dalam Era Open Sky

4.1 Kesimpulan

Jika keadaan perusahaan penerbangan lokal di Indonesia masih tetap seperti ini, kita tidak akan mampu bertahan dalam era liberalisasi industri penerbangan open sky. Karena kita akan kalah bersaing dengan airline asing dalam perebutan pasar rute domestik terlebih lagi rute internasional. Negara yang diuntungkan oleh kebijakan ini hanyalah Negara yang memiliki luas Negara yang kecil dan mempunyai letak yang strategis seperti halnya Singapura.

Peremajaan armada sangatlah penting untuk memperkuat daya saing dengan maskapai asing yang masuk ke Indonesia. Kebanyakan airline lokal di Indonesia hanya memikirkan tarif yang murah dengan memangkas biaya sebanyak-banyaknya dan memilih untuk menggunakan armada yang sudah tua. Akibatnya sering terjadi kecelakaan di darat maupun di udara karena ketidaklayakan armada yang digunakan. Jika dibandingkan dengan para maskapai asing  yang menawarkan harga relatif murah dengan pelayanan yang baik dan armada yang baru akan membuat penumpang lebih nyaman menggunakan airline asing.

Selain itu dalam hal Bandar udara, perlu adanya peningkatan pelayanan dan teknologi yang lebih canggih karena Bandara Internasional Soekarno Hatta masih menggunakan teknologi yang kuno dibandingkan Changi Airport yang menjadi Asean HUB regional. Walaupun hanya menjadi Bandara Spoke, Indonesia harus terus melakukan pembenahan dari infrastruktur setiap bandara yang telah ditentukan untuk memenuhi kebijakan open sky ini sebagai suatu jaminan kelayakan penerbangan di mata dunia.

Kita harus menganggap era liberalisasi penerbangan melalui kebijakan open sky ini adalah sebuah tantangan untuk menghasilkan peluang yang menguntungkan bagi perindustrian penerbangan di Indonesia. Jangan sampai kita hanya menjadi penonton dalam era liberalisasi ini, pembenahan dari dalam merupakan kunci utama untuk dapat bersaing dengan maskapai asing yang akan masuk ke Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s