PENERAPAN FASILITAS REFLECTION SEATS UNTUK KELAS BISNIS DI PESAWAT UDARA (PART 5)


NAMA             : NABILA RACHMADINA

KELAS           : S1 ZU-09

NIM                 : 2241-09-332

 

BAB IV

REFLECTION SEATS TIDAK HANYA DITERAPKAN PADA KELAS BISNIS TETAPI DAPAT JUGA DITERAPKAN PADA KELAS EKONOMI

IV.1 KESIMPULAN

            Merencanakan sebuah strategi yang jitu untuk meningkatkan pelayanan pada saat penerbangan (infligt) adalah salah satu cara yang harus dilakukan sebuah maskapai penerbangan agar penumpang merasa puas akan pelayanan yang telah diberikan, dan pastinya penumpang akan menggunakan jasa dari maskapai kita secara continue. Hal ini pasti akan mendatangkan keuntungan bagi pihak maskapai.

Berdasarkan tujuan perjalanannya, penumpang dalam industri penerbangan dibagi menjadi tiga segmen, yaitu penumpang yang melakukan perjalanannya untuk  bisnis (Business Traveller), penumpang yang melakukan perjalanannya untuk mengisi waktu luang atau untuk berwisata (Leisure Traveller), dan penumpang yang melakukan perjalanan untuk mengunjungi kerabat (Visiting Friends adn Relatives). Untuk penerapan fasilitas reflection seats ini kita cenderung melihat kepada penumpang yang melakukan perjalanan untuk bisnis (Business Traveller), karena dapat kita ketahui penumpang dengan keperluan bisnis biasanya relative sensitif terhadap waktu. Jadwal kegiatan yang ketat membuat penumpang mencari maskapai penerbangan yang dapat memberikan ketepatan keberangkatan dan kedatangan serta waktu tempuh sesingkat mungkin serta pelayanan pada saat inflight yang dapat membuat mereka merasa nyaman mengingat jadwal kegiatan bisnis mereka yang sangat ketat. Sehingga dengan penerapan fasilitas ini mungkin bisa membantu mendatangkan kembali kesegaran tubuh penumpang tersebut.

Banyak hal yang harus kita pertimbangkan dan perhatikan untuk menerapkan fasilitas reflection seats ini. Apabila tidak dipertimbangkan dan diperhatikan dengan benar dari berbagai faktor, kemungkinan fasilitas ini malah akan membuat dan mendatangkan kerugian bagi pihak maskapai penerbangan. hal ini pasti tidak di inginkan oleh kita. Banyak sisi yang harus diperhatikan, pertama kita lihat dari sisi ekonomi. Dari sisi ekonomi, penerapan fasilitas reflection seat tidak efisien, dikarenakan akan meningkatkan cost yang dikeluarkan oleh airlines. Untuk per unit kursi pijat saja, harganya sangat tinggi. Sedangkan kita harus mengganti berapa banyak kursi reguler (biasa) dengan kursi pijat tersebut. Dengan begitu, biaya yang besar harus dikeluarkan oleh airlines.  Belum lagi untuk perawatan kursi tersebut, sudah pasti perawatan kursi pijat ini berbeda dengan kursi biasa. Lagi-lagi disini memerlukan biaya tambahan untuk menerapkan fasilitas reflection seats ini.

Dilihat dari sisi ekonominya penerapan fasilitas ini benar-benar membutuhkan biaya yang begitu besar. Tetapi apakah mendatangkan profit yang besar juga bagi perusahaan? Itu yang harus dipertanyakan. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua rute penerbangan terdapat kelas bisnis, hanya beberapa rute saja yang tersedia kelas bisnis. Dan waktu penerbangan juga menjadi masalah untuk penerapan reflection seats ini, karena kita ambil saja contoh rute penerbangan Jakarta – Surabaya yang terdapat kelas bisnisnya, waktu tempuh untuk rute penerbangan ini kurang lebih 1jam 5menit. Apa dengan waktu sesingkat itu, fasilitas tersebut bisa penumpang gunakan diluar kegiatan yang mereka lakukan selama inflight.

Tetapi apabila kita melihat dari sisi entertainmentnya, fasilitas ini sangat mendukung untuk meningkatkan jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara pada sebuah maskapai. Karena entertainment adalah salah satu faktor seseorang menggunakan jasa transportasi udara, selain kecepatan waktu dan keselamatan. Maka dari itu, penerapan fasilitas ini sangat membantu suatu perusahaan maskapai penerbangan untuk meningkatkan frekuensi penumpang untuk menggunakan jasa transportasi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s