Penerapan Valet Parking Sebagai Solusi Penumpukan Kendaraan Di Bandara (Bagian 5)


Nama             : Marlinda Putri Santoso

Nim                 : 224109276

Kelas              : ZU-09

BAB IV

Kunci Sukses Dalam Penerapan Valet Parking Sebagai Solusi Penumpukan Kendaraan Di Bandara

4.1. Kesimpulan

Berdasarkan sumber yang telah saya dapat dari artikel di internet maupun pendapat dari narasumber, salah satu penyebab penumpukan kendaraan di bandara adalah malasnya pemilik kendaraan mencari parkir. Letak parkir yang cukup jauh dengan area terminal adalah alasan mereka lebih memilih untuk memarkir kendaraannya sembarangan. Untuk mengatasi hal ini, penerapan valet parking diyakini dapat menjadi solusi. Hal ini karena valet parking mempunyai beberapa kelebihan, seperti :

  1. Lokasi parkir yang strategis. Dengan letak parkiran valet parking yang strategis, memungkinkan waktu tunggu pengambilan kendaraan lebih singkat, sehingga pemilik kendaraan tidak harus menunggu lama ketika kendaraannya diambil.
  2. Kenyamanan yang dimiliki pemilik kendaraan. Penyambutan dilakukan oleh petugas valet dengan dibukakannya pintu pemilik kendaraan lalu tanpa perlu repot untuk mencari parkiran, si pemilik kendaraan dapat langsung menuju terminal bandara untuk mengantar calon penumpang. Lebih nyaman dan menghemat waktu pastinya.

Disamping kelebihan valet parking di atas, layanan ini juga tentunya mempunyai beberapa kekurangan, yaitu :

  1. Penumpukan kendaraan akibat valet parking. Hal ini akan terjadi jika petugas valet tidak sebanding jumlahnya dengan kendaraan valet itu sendiri. Dan jika ini sampai terjadi, maka akan muncul masalah berikutnya yaitu kendaraan yang menumpuk bukan karena pemilik kendaraan malas parkir tetapi lebih kepada waktu tunggu yang lama untuk valet.
  2. Resiko kerusakan mobil. Bisa dibayangkan kerugian yang timbul jika mobil-mobil mewah tidak sengaja tergores ketika petugas valet melaksanakan tugasnya. Tentu kerugian yang diderita akan sangat besar, baik kerugian yang diderita oleh pemilik kendaraan, perusahaan valet parking dan tentunya petugas valet parking itu sendiri.
  3. Timbulnya tindak kriminalitas. Adanya barang-barang berharga yang diletakkan begitu saja di dalam mobil dapat memicu seseorang untuk mengambilnya. Karena seperti yang kita ketahui, tindak kejahatan juga terjadi jika ada kesempatan.

Dari beberapa hal yang saya utarakan di atas dapat terlihat bahwa penerapan valet parking di bandara bisa menjadi solusi dari menumpuknya kendaraan di bandara itu sendiri, jika pihak bandara benar-benar totalitas dalam mempersiapkan dan menerapkannya. Tersedianya lahan parkir dan tersedianya petugas valet parking yang kompeten serta menjunjung tinggi kejujuran adalah kunci dalam kesuksesan penerapan solusi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s