Peningkatan Pelayanan di Pesawat dengan Menerapkan “Beauty Care” Kepada Penumpang First Class Khusus Penerbangan diatas 6 jam (Part 5)


Nama : Devi Kusuma Wardani

Nim     : 224109098

Kelas  : ZU 09

BAB IV

Tiga hal utama dalam penerapan Beauty Care service

4.1 Kesimpulan

Penerapan beauty care ini menjadi suatu inovasi untuk meningkatkan pelayanan bagi penumpang first class. Karena di era sekarang, airline bersaing dalam services yang dapat memanjakan penumpang. Disamping itu juga Beauty Care service mampu memberikan penambahan revenue bagi airline. Dan untuk melaksanakan penerapan Beauty Care di dalam pesawat bagi penumpang premium class atau first class tidaklah sederhana, melainkan membutuhkan perencanaan yang komplex.

Berdasarkan dari hasil wawancara dengan narasumber dan analisa kualitatif yang telah dilakukan, terdapat 3 hal utama yang perlu diperhatikan untuk dapat menerapkan Beauty Care service:

1.Pesawat yang digunakan untuk menerapkan Beauty Care service di dalam pesawat khusus penerbangan diatas 6 jam adalah tipe pesawat wide body, hal tersebut dikarenakan tools atau alat bahan yang dibutuhkan di dalam pesawat seperti kursi reflexi memerlukan ruangan yang besar.

Contoh pesawat wide body:

 

 

 

2.Cost and Benefit Analysis

Pihak airline penting untuk melakukan analisa biaya dan keuntungan yang akan diperoleh dari penerapan Beauty Care service sebelum penerapan tersebut diterapkan. Seperti tingkat profit diatas titik break event point (BEP) atau titik impas, dimana gambaran keadaan keuangan dari usaha yang telah dilakukan berada diatas BEP menunjukkan laba dari suatu usaha yang diperoleh.

 

3. Unit kerja yang melakukan penerapan Beauty Care service adalah unit kerja yang ahli di bidang beauty care. Dalam hal ini bukan pramugari, melainkan suatu unit khusus ahli kecantikan untuk melayani beauty care di dalam pesawat bagi penumpang first class.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s