Overload Penumpang, Daya tampung Bandara Sokarno-Hatta Harus di Tambah


Overload Penumpang, Daya tampung Bandara Sokarno-Hatta

Harus di Tambah

Nama                         : Cristo Beruat

Nim                             : 224108233

Kelas                           : E

Tugas                          : 10

Seperti halnya kepadatan yang terjadi di jalanan serta pemukiman di jakarta, hal yang sama pun dapat ditemukan di bandar udara Soekarno-Hatta. Mungkin kita kadang hanya melihat terjadinya penumpukan penumpang yang disiarkan di tv apabila terjadi satu dan lain hal yang menyebabkan tertundanya penerbangan, namun sebenarnya penumpukan dan kepadatan penumpang ini terjadi nyaris setiap hari di bandara soekarno-hatta.

Bandara soekarno-hatta yang berfungsi sekarang  terdiri dari terminal 1, 2 dan 1 dermaga terminal 3.  Terminal 1 dan Terminal 2 didesain hanya untuk menampung 18 juta penumpang per tahun, sedangkan Dermaga 1 Terminal 3 yang dibangun seluas 30.000 meter persegi itu dirancang untuk dapat menampung 4 juta penumpang setiap tahun. Sehingga totalnya sekarang bandara soekarno-hatta memiliki daya  tampung 22 juta penumpang namun sudah disesaki oleh 44,2 juta orang, yaitu sekitar 2kali lipat dari kapasitasnya.

Selisih kelebihan penumpang yang ada ini baru dapat ditutupi jika ke empat dermaga lain di terminal 3 telah selesai di bangun. Untuk itu Pemerintah melalui PT. Angkasa Pura II harus segera mengupayakan bebrbagai cara untuk dapat secepatnya menyelesaikan pembangunan ke empat dermaga lain tersebut.

Keadaan ini sangat perlu mendapat perhatian khusus, mengingat keadaan bandara soekarno-hatta yang tertinggal jauh jika di banding bandara beberapa negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Singapura bahkan Malaysia. Dibandingkan soekarno-hataa, Bandara Svarnabhumi di Bangkok, Thailand, tiap tahun mampu menampung 45 juta penumpang. Kuala Lumpur International Airport (KLIA) mampu menampung sampai 35 juta penumpang per tahun. Dan Bandara Changi, Singapura, mampu melayani 68,7 juta penumpang per tahun. Padahal jika dilihat luas areal lahan Changi hanya 1.300 hektar jika di bandingkan dengan luas lahan Soekarno-Hatta yang  1.740 hektar.

Melihat perbandingan fakta yang ada, akan sulit untuk membuat Soekarno-Hatta bersaing dengan bandara lain, misalnya saja untuk menjadi bandara penghubung untuk kawasan Asia Tenggara. Sekarang saja banyak warga negara indonesia yang akan bepergian ke eropa ataupun amerika ataupun sebaliknya harus transit melalui Changi Singapura.

Menurut PT. Angkasa Pura II, mereka akan mengupayakan revitalisasi bandara sehingga pada tahun 2014 daya tampung sudah mencapai 62juta penumpang per tahun. Selain itu juga untuk membangung terminal terintegrasi dan peningkatan kapasitas parkirdari  saat ini dari 125 pesawat  akan di upayakan dapat menjadi 174 pesawat. Kita semua berharap agar rancangan ini dapat segera direalisasikan karena pembangunan Bandara Soekarno-Hatta ini sudah merupakan prioritas nasional.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s