ANALISIS PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEAP PT. GARUDA INDONESIA (PART VI)


NAMA : DIARSYSRI RAINY AKBAR TAWAKAL

NIM : 224109207

KELAS : ZU-2009

BAB IV

PERBAIKAN KINERJA TIM MANAJEMEN DALAM KEBERHASILAN PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEAP PT.GARUDA INDONESIA

4. 2 Saran

Saran penulis dalam keberhasilan penerapan strategi quantum leap garuda adalah dengan melakukan perbaikan kinerja pada tim manajemen perusahaan, hal itu dikarenakan manajamen memiliki peran yang sentral dalam kinerja perusahaan begitupun juga dalam keberhasilan penerapan strategi suatu perusahaan. Untuk mencapai lompatan besar atau Quantum Leap, Garuda menerapkan 7 strategi utamanya yang telah penulis uraikan pada bab sebelumnya.

Pada kenyataannya penerapan strategi ini dianggap lebih sulit dilakukan dari pada perumusan strategi. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh manajemen Garuda dalam penerapan 7 strategi utama Quantum Leapnya, yaitu: penetapan tujun tahunan perusahaan, pembuatan kebijakan sebagai pendukung strategi, alokasi sumber daya, mengeola konflik yang timbul akibat adanya perubahan karena strategi, mencocokan struktur organisasi dengan strategi, perbaikan program penghargaan dan insentif untuk memotivasi karyawan, mengelola resistensi terhadap perubahan yang diakibatkan oleh adanya strategi, meminimalisasi penolakan terhadap perubahan akibat adanya strategi, pengenalan strategi keapada manajer-manajer, pengembangan budaya kerja yang baik dalam lingkungan perusahaan yang mendukung strategi,  dan yang terahir adalah pengembangan sumber daya manusia yang efektif. Selain itu penerapan strategi yang berhasil bergantung kepada kerja sama antar semua manajer fungsional dan divisional perusahaan.

Setelah strategi tersebut dapat diterapkan dengan baik maka tim manajemen harus melakukan evaluasi dari penerapan strategi yang telah dilakukan oleh perusahaan, tiga aktivitas pokok dalam evaluasi strategi yang harus dilakukan adalah : (1) mengkaji ulang landasan yang mendasari strategi, makudnya adalah mengukur perubahan-perubahan dalam kekuatan dan kelemahan perusahaan serta mengindikasikan seberapa efektif strategi suatu perusahaan merespon berbagai peluang dan ancaman utama, (2) mengukur kinerja perusahaan dan membandingkan hasil atau tujuan yang diharapkan dengan hasil penerapan strategi yang sebenarnya, dan (3) mengambil tindakan korektif untuk memastikan bahwa kinerja perusahaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Aktivitas evaluasi strategi tersebut dilakukan secara terus-menerus dan berkala, serta sistematis agar efektif.

Dengan adanya perbaikan kinerja tim manajemen dalam penerapan 7 strategi utama Quantum Leap Garuda serta evaluasi strategi yang efektif maka bukan hal yang mustahil Garuda Indonesia dapat mencapai target-target utamanya dan menjadikan Garuda sebagai maskapai Bintang 5 yang sejajar dengan maskapai-maskapai kelas atas dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s