E-Passport Belum Tersosialisasi di Indonesia ( Part VI )


Nama  : Davita Yunilasari

NIM     : 224109107

Kelas  : ZU 09

BAB IV

4.2  Saran

Berdasarkan kesimpulan yang didapat maka alasanIndonesiabelum menerapkan e-passport ialah modal, dan tenaga kerja yang belum memahami alat pendukung e-passport.

Dari hal tersebut, seharusnya pemerintah sudah menyiapkan modal untuk pengadaan serta mensosialisasikan e-passport di Indonesia. Modal tersebut dapat diperoleh dari kas imigrasi ataupun kas Negara, bahkan bisa didapat dari pinjaman bank.

Selain modal, salah satu hambatannya ialah pengetahuan tenaga kerja tentang tekhnologi yang digunakan dalam pengoperasian e-passport. Seharusnya pihak imigrasi mengadakan seminar dan penglatihan terhadap tenaga kerja bagaimana dalam penggunaannya agar dapat digunakan dengan baik. Semua tenaga kerja diberi kesempatan dalam menggunakan alat pendukung e-passport dan dibimbing oleh ahli IT pada saat menggunakan alat-alat tekhnologi tersebut.

Demikian penulisan saya tentang Penerapan E-Passport di Indonesia. Saya harap dengan tulisan ini akan dapat bermanfaat oleh pembaca dan penulisan saya dapat benar-benar diterapkan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s