Optimalisasi Penerapan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan Terhadap Kemajuan Industri Penerbangan Di Indonesia (Part VI)


Nama             : Kristoni

NIM               : 224109187

Kelas             : ZU 09

BAB 4

Kecukupan Modal dan Pengawasan Pemerintah Adalah Kunci Utama Dalam Pelaksanaan Undang-undang Penerbangan

4.2 Saran

 

Berdasarkan pada kesimpulan pembahasan yang telah dijabarkan sebelumnya, optimalisasi penerapan undang-undang penerbangan di Indonesia mengharuskan setiap airlines memiliki sumber dana yang kuat, agar dapat memenuhi semua ketentuan yang berlaku dalam undang-undang, mulai dari tenaga ahli yang kompeten hingga fasilitas penunjang kegiatan operasional. Tidak hanya dari pihak airlines, pemerintah juga diharuskan memberikan sosialisasi secara kontinyu dan pengawasan yang ketat terhadap penerapan undang-undang penerbangan di Indonesia.

Saran penulis dalam pembahasan ini antara lain, airlines harus memiliki sumber dana yang kuat, baik itu modal perusahaan sendiri maupun pinjaman modal dari perusahaan lain, sehingga airlines mampu memenuhi semua fasilitas untuk beroperasi dan dapat memenuhi semua ketentuan. Pemerintah harus menyeleksi dengan ketat airlines mana saja yang memiliki modal yang cukup untuk beroperasi sesuai dengan ketentuan dan undang-undang yang berlaku. Pengawasan pemerintah terhadap airlines yang beroperasi harus dilakukan dengan sangat ketat, pemerintah harus berani memberikan sanksi tegas terhadap airlines yang melangar dan tidak dapat menerapkan ketentuan yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Dengan demikian diharapkan semua airlines yang beroperasi dapat memenuhi segala ketentuan dan menerapkan dengan baik undang-undang penerbangan yang nantinya dapat memberikan dampak positif dan kemajuan pada industri penerbangan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s