PELAYANAN RUTE DOMESTIK OLEH MASKAPAI ASING SEBAGAI AKIBAT ASEAN OPEN SKY DI INDONESIA (PART VI)


Nama            : Ratih Hitaningtiyas

NIM                 : 224109077

Kelas              : ZU 09

BAB IV

Pembenahan Internal Bandar Udara dan Airline Lokal Dalam Era Open Sky

4.2. Saran

Dari kesimpulan yang ada, saran saya sebagai penulis adalah mewujudkan sebuah bandara Internasional terbesar di Asia Tenggara sebagai bandara SUB regional asean di wilayah Negara Indonesia yang berbentuk kepulauan. Selain itu, Airline lokal yang ada di Indonesia baik LCC ataupun tidak, harus dilakukan pembenahan internal seperti peremajaan armada dan peningkatan pelayanan pada rute domestic terlebih dahulu.

Setelah perbaikan pelayanan untuk rute domestik telah tercapai, Airline lokal harus berupaya mendapat sertifikasi dan izin untuk terbang ke seluruh penjuru dunia agar persaingan dengan airline asing yg berbintang 5 dapat seimbang dalam menguasai pasar lokal, terlebih lagi pasar internasional.

Pemerintah dalam menghadapi liberalisasi penerbangan open sky, diharapkan ikut berpartisipasi dalam menjalankan fungsinya guna menetapkan peraturan tentang penetapan tarif di Indonesia, agar airline asing yang masuk ke Indonesia tidak menjual tiket dengan harga yang sangat murah yang dapat mematikan industri penerbangan airline lokal.

Peran serta dari pemerintah, perusahaan penerbangan lokal, dan pihak0pihak terkait didalamnya adalah unsur terpenting untuk mewujudkan sector industry penerbangan yang kuat untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat di era open sky tersebut. Jika persiapan sudah matang, secara otomatis kita akan siap dan mampu menguasai pasar domestik dan Internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s