PENERAPAN STRATEGI BUDAYA PADA PENUMPANG INTERNASIONAL GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (bagian 6)


BAB IV

PENERAPAN STRATEGI BUDAYA PADA PENUMPANG INTERNASIONAL GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN

 

Nama : Irelda Verazty

NIM     : 224109031

ZU’09

 

4.2 Saran

Dalam Penerapan strategi budaya pada airlines, dengan memberikan souvenir free secara cuma – cuma  kepada penumpang tujuan internasional.Adanya penerapan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan serta kepuasan penumpang.Dengan pemberian souvenir ini, tidak hanya semata untuk meningkatkan kepuasan penumpang, tetapi juga dapat sekaligus mempromosikan budaya Indonesia ke dunia internasional, yaitu dengan cara memberikan souvenir free yang bertema budaya Indonesia tetapi tetap tidak meninggalkan unsur khas maskapai.

Souvenir yang di siapkan untuk penumpang internasional harus dikemas dengan semenarik mungkin agar membuat penumpang merasa senang.Hal ini dikarenakan , tujuan utama para penumpang internasional adalah berwisata dan ingin mengetahui bagaimana budaya Indonesia.Para wisatawan dipastikan dalam akhir perjalanan mereka akan berburu souvenir atau oleh – oleh khas budaya Indonesia yang akan di bawa kembali ke Negara nya.Hal ini dapat menjadi suatu peluang bagi pihak maskapai untuk memanfaatkan hal tersebut.

Dalam pemberian souvenir free ini, sebaiknya tidak hanya menyediakan satu jenis souvenir saja, tetapi juga dapat memberikan dalam bentuk satu paket yang di dalamnya berisi dari dua jenis souvenir atau lebih, jadi tidak hanya gantungan kunci saja, tetapi dapat memberikan satu paket seperti gantungan kunci, kipas corak batik, hiasan keramik bali yang dijadikan satu dan di bungkus oleh tas cantik semenarik mungkin, dan tas tersebut dapat di beri logo maskapai, sehingga tidak hanya menunjukkan khas budaya tetapi juga symbol dari maskapai.Dan juga pemberian souvenir tersebut jangan selalu sama tetapi di bedakan dan di kombinasikan tiap minggunya.

Selain itu sebaiknya frekuensi pemberian souvenir free di batasi , tidak full dalam seminggu tetapi dapat dilakukan pemberian dua hari dalam seminggu, yaitu pada saat weekend saja ( sabtu dan minggu ) atau dapat juga memilih alternative pada hari lainnya dan juga pada saat event event tertentu, seperti HUT RI dan hari besar lainnya, dengan tujuan memperkecil biaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s