Perluasan Bandara Internasional Ngurai Rai terhadap Banyaknya Para Wisatawan (Part 6)


Nama             : Marcie Setyawati

NIM                 : 224109063

Kelas              : ZU’09

BAB 4

Meningkatkan Kualitas dan Kenyamanan pada Perluasan Bandara Internasional Ngurah Rai

4.2 Saran       :

Mengingat bandara international sedemikian pentingnya untuk pencitraan, sekaligus untuk menunjukkan bahwa suatu negara sangat antusias menyambut tamu-tamu asing yang datang, maka fasilitas bandara di sajikan sedemikian rupa sehigga para tamu akan merasa terhormat dan mendapat privelege. Beberapa fasilitas dasar yang lajimnya disediakan di sebuah bandara international adalah sistem informasi yang baik, pembangunan tempat pemeriksaan bagasi menggunakan teknologi lebih canggih, ruang tunggu yang nyaman, internet/telekomunikasi, keamanan, pusat pembelanjaan, keramahan, bahkan kamar mandi dan toilet yang bersih dan nyaman. Selain itu, sistim transportasi yang baik disediakan dengan sangat baik. Jalan menuju bandara yang lebar dengan kualitas jalan No. 1, shuttle bus yang mengangkut penumpang diseputaran terminal, taksi, monorel, dan Mass Rafid Transprotation (MRT) yang pulang-pergi bandara secara tepat waktu. Semua kelengkapan di bandara tersebut sepertinya sudah menjadi sesuatu yang mesti ada di suatu bandara international tanpa melihat berbagai kondisi yang ada di negara tersebut, karena hal itu memang bagian dari upaya pencitraan positif dari suatu negara.

Internasional Ngurah Rai yang baru nanti seharusnya menerapkan eco-design sehingga ini menjadi eco-airport. Salah satu yang harus diterapkan adalah keran di bandara setiap menit berhenti sendiri, tak usah diputar. Lalu penggunaan lampu dari atas (sky-light) menembus lantai dan dinding kaca dan menembus ke ruang lainnya. Eco-airport juga ditunjukkan dengan penanaman pohon pelindung di sekitar bandara dan pembayaran secara online. Dan membagi tugas kepada para staf dan karyawannya melalui surat elektronik. Dan pembangunan tempat parkir mobil berlantai empat di lahan seluas 39.000 meter persegi. Selain itu, juga akan dibangun perluasan terminal kargo internasional menjadi 6.000 meter persegi, perluasan komplek persekolahan, landasan pacu dan berbagai kelengkapan bandara lainnya.

Saya berharap perluasan bandara ini dapat meningkat daya tampung wisatawan mancanegara dan domestik yang diprediksi per tahunnya mencapai 25 juta orang mulai 2025. Saat ini rata-rata tingkat kunjungan wisatawan mencapai 11 juta orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s