Soeta Overload, Peluang Kargo Bandara Husein Bandung Besar


NAMA : HAYU MURLANI

NIM      : 224109120

KELAS: S1 MTU B

DOSEN : IBU MUSTIKA

BANDUNG – Peluang angkutan udara kargo di Bandara Udara Husein Sastranegara Bandung sangat besar. Ini dipicu penumpukan kargo yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta (Soeta).
“Saat ini kan cargo semua ke Soeta. Sekarang Soeta mulai overload. Jadi jika tidak dapat tempat di Soeta, mereka akan lari ke kita,” kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Udara Husein Sastranegara, Eko Diantoro, Selasa 4 Oktober.
Namun, peralihan cargo dari Bandara Soeta ke Bandara Husein perlu waktu. Terlebih angkutan barang sudah lama dan terbiasa menggunakan jasa cargo yang ada di Bandara Soeta atau Pelabuhan Tanjung Priouk Jakarta.
“Jadi untuk beralih dalam jumlah besar masih lama meski secara bertahap sekarang sudah mulai beralih ke sini,” jelasnya.
Selain itu, saat ini Bandara Husein belum memiliki pesawat khusus kargo. Layanan kargo di Bandara Husein diadakan sesuai permintaan konsumen.
Namun ke depan, kata Eko, terutama setelah rencana pengembangan Bandara Husein dimungkinkan adanya pesawat cargo. “Dari kapasitas yang ada saat ini di Bandara Husein sudah memungkinkan untuk pesawat cargo,” katanya.
Saat ini pertumbuhan cargo di Bandara Husein sendiri mencapai 10 ton perhari. Eko memprediksi tiap tahunnya cargo di bandara Husein akan terus naik.
“Pertumbuhan Cargo di Bandara Husein bagus terutama dua tahun belakangan ini,” sebutnya.
Selain itu, Bandung merupakan salah satu sentra garmen dan sayuran yang diekspor ke luar negeri terutama ke Malaysia dan Singapura. Menurut Eko, hal ini juga sebagai potensi untuk berkembangnya jasa cargo di Bandara Husein.
“Tentu pengusaha Bandung akan memilih Bandara Husein jika di Bandara Soeta harus antre atau penuh,” pungkasnya. (ade)

2 thoughts on “Soeta Overload, Peluang Kargo Bandara Husein Bandung Besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s